Wednesday, April 2, 2014

Mendapat Dukungan Penuh dari Pemegang Saham, Telkomsel Siap Pimpin Implementasi 4G LTE di Seluruh Indonesia Mendorong Terciptanya Masyarakat Digital Indonesia

Jakarta, 1 April 2014 – Sejak pertama kali hadir di Indonesia, Telkomsel selalu menjadi pendobrak dan yang terdepan dalam menghadirkan teknologi telekomunikasi selular terbaru di Indonesia. Saat ini Telkomsel siap untuk mengimplementasikan teknologi generasi keempat, 4G LTE di seluruh Indonesia tanpa terkecuali, dan didukung oleh ekosistem DNA (Device – Network – Applications) yang mampu memberikan pengalaman baru mobile digital lifestyle kepada masyarakat Indonesia. Kesiapan tersebut didukung penuh oleh pemegang saham Telkomsel melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang digelar hari ini di Jakarta.

Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga mengatakan, “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemegang saham perseroan yang telah memberikan dukungan penuh atas rencana Telkomsel untuk menjadi pioneer 4G LTE di Indonesia. Sebagai operator terbesar di tanah air dengan 131,5 juta pelanggan hingga akhir 2013, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggannya, dan menjadi bagian dari pembangunan bangsa melalui layanan 4G LTE yang akan menggerakkan masyarakat digital Indonesia. Implementasi 4G LTE akan memberikan pelanggan pengalaman terbaik dan akses kepada jaringan tercepat Telkomsel yang mengadopsi teknologi terkini.

Layanan 4G LTE menawarkan theoretical download speed antara 75 – 100 Mbps dan typical download speed yang berkisar antara 3 – 12 Mbps. Kecepatan ini menawarkan akses mobile internet yang tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan layanan 3G. Untuk menggelar jaringan 4G LTE, Telkomsel memproyeksi untuk mengalokasikan penambahan investasi yang signifikan, dan kedepannya akan terus mengembangkan layanan ini untuk dapat dinikmati di seluruh Indonesia, tidak hanya terbatas di kota-kota besar.  

“Dalam mempercepat proses implementasi 4G LTE secara menyeluruh di tanah air, pengembangan ekosistem DNA juga amat dibutuhkan. Untuk itu selain mempersiapkan jaringan, kami juga mendorong penyediaan smartphone yang terjangkau dan berbagai aplikasi yang relevan dengan pelanggan. Pengembangan ekosistem DNA secara tepat akan memungkingkan terjadinya digitalisasi Indonesia, dimana potensi pengguna 4G tidak hanya di ibukota (Jakarta) namun juga di kota-kota lainnya di seluruh Indonesia. Generasi selular keempat ini akan memperkaya pengalaman pelanggan dalam mengakses video, interactive TV, mobile transactions dan pada professional and business services”, ujar Alex.  

Saat ini tim Telkomsel tengah fokus untuk mendapatkan teknologi netral dan membangun ekosistem 4G untuk terus menjadi yang terdepan dan mendukung pembangunan bisnis telekomunikasi bergerak di Indonesia.

Telkomsel Raih Lima Penghargaan di Selular Award 2014

Selular Award ke-11 : (ki-ka) Direktur Sales Telkomsel, Mas’ud Khamid, Direktur Utama Telkomsel, Alex J Sinaga, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, dan Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel, Asli Brahmana, pada saat acara Selular Award 2014 di Jakarta, Kamis (27/3).

Jakarta, 28 Maret 2014 – Telkomsel kembali mendapatkan penghargaan dalam salah satu ajang penghargaan tahunan bergengsi yakni Selular Award 2014. Sebanyak lima penghargaan sekaligus berhasil diraih Telkomsel, yakni Best Digital ServicesBest Postpaid CardBest GSM OperatorOperator of the Year dan CEO of the Year.

Direktur utama telkomsel Alex JSinaga mengatakan “Penghargaan yang kami terima merupakan wujud atas kepercayaan pelanggan terhadap layanan yang kami tawarkan selama ini, sehingga Telkomsel dapat meraih pertumbuhan double digit yang berkelanjutan di tengah-tengah ketatnya kompetisi industri telekomunikasi”

Sepanjang tahun 2013 telkomsel mencatat pendapatan sebesar Rp 60 triliun lebih atau tumbuh double digit mencapai 10,1%. pencapaian ini juga sekaligus lebih tinggi dari industri telekomunikasi indonesia yang tumbuh sekitar 7% sepanjang tahun 2013. Adapun Pertumbuhan pendapatan telkomsel ditopang oleh pertumbuhan digital yang terdiri dari layanan data broadband (35,6% yoy) dan  digital services (30,3%  yoy).

Selular Award merupakan ajang penghargaan yang rutin digelar setiap tahun dan diperuntukkan bagi operator selular, vendor ponsel, dan sektor pendukung lainnya. Penilaian dilakukan dengan 2 metode. Untuk kategori operator, polling dilakukan secara online dengan jumlah responden 1.799 dari seluruh Indonesia yang digelar sejak 21 November 2013 hingga 25 Januari 2014. Sebagian besar responden pun berusia muda, yakni antara 21-25 tahun, sehingga responden termasuk masyarakat yang melek terhadap perkembangan teknologi selular.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi kami agar dapat terus menciptakan berbagai inovasi layanan dan produk untuk Indonesia, serta dalam mengembangkan ekosistem DNA (Digital, Network & Applications), baik melalui kerjasama dengan developer lokal, penyedia smartphone yang terjangkau dan partners lainnya guna mendorong pertumbuhan industri digital tanah air”, tutup Alex. 

Telkomsel Solusi Kenyamanan Komunikasi Polda Jabar Jelang Pemilu

Telkomsel-Polda Jabar : Proses penandatanganan oleh Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi bersama Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs. Mochamad Iriawan, SH, MM, MH di Polda Jawa Barat (27/3).

Bandung, 27 Maret 2014 – Telkomsel bersama Polda Jawa Barat menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) mencakup penyediaan layanan komunikasi yang mampu memfasilitasi penyelenggaraan pengamanan pemilu 2014 di daerah hukum kepolisian daerah jawa barat.

Penandatanganan dilakukan oleh Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi dan Kabid TI Polda Jabar Kombes Pol Drs. Asby Mahyuza disaksikan oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs. Mochamad Iriawan, SH, MM, MH di Polda Jawa Barat.

Seperti kita ketahui bersama bahwa masyarakat Indonesia memasuki periode penting Pesta Demokrasi yang juga periode krusial bagi pihak Kepolisian dalam menjaga dan mengamankan pemilu 2014, oleh karena itu Telkomsel akan berkontribusi khusus dalam memfasilitasi kebutuhan pihak Polda Jawa Barat dimana masa Pemilu tersebut komunikasi yang intens dan reliable menjadi amat penting.

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi mengungkapkan, “Sebagai perusahaan selular Paling Indonesia yang melayani negeri, kami ingin meningkatkan koordinasi dan komunikasi di jajaran Polda Jawa Barat serta memudahkan layanan kepolisian kepada masyarakat sehingga dapat berperan serta dalam mensukseskan Pemilu 2014.”

Menyadari hal tersebut Telkomsel menyediakan kartu Perdana Simpati kepada 32.000 anggota kepolisian Daerah Jawa Barat dengan fasilitas paket "My Group Corporate Polda Jabar" bebas biaya (call dan SMS) sesama anggota Polda Jawa Barat, selain itu Telkomsel juga menyediakan fasilitas broadcastsms sebagai sarana informasi dan sosialisasi keamanan dan ketertiban dari Polda Jawa Barat kepada masyarakat.

Tidak hanya itu Telkomsel berkomitmen hadir lebih dekat di lingkungan Polda Jawa Barat lewat mobile GraPARI serta peningkatan kualitas jaringan untuk kenyamanan komunikasi para anggota.

 “Kerjasama ini diharapkan mampu mendukung tugas pokok dan fungsi aparat yang mencakup aspek perlindungan, pengamanan, dan ketertiban guna terciptanya kesuksesan dalam pelaksanaan pemilu di Jawa Barat, " tutup Venusiana.

Telkomsel Bersama Kabupaten Bandung Barat Ciptakan Desa Pintar

Telkomsel-KBB : Proses Penandatanganan MoU oleh Executive Vice President Telkomsel Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi dengan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat H. Yayat T Soemitra disaksikan Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ir. Glory Hastanto MT di Mason Pine-Kota Baru Parahyangan Padalarang (27/3).

Bandung, 27 Maret 2014 – Telkomsel bersama Kabupaten Bandung Barat menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) mencakup penyelenggaraan Corporate Social responsibility (CSR) dalam bidang peningkatan kualitas Sosial Masyarakat di Kabupaten Bandung Barat melalui program pelatihan dan pengembangan masyarakat berbasis teknologi.

Penandatangan dilakukan oleh Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi dan Wakil Bupati Bandung Barat disela-sela acara “Workshop Optimalisasi Potensi Pariwisata di Kabupaten Bandung Barat (KKB)” di Mason Pine – Kota Baru Parahyangan Padalarang.

“Kerjasama ini meliputi penyelenggaraan program Corporate Social responsibility (CSR) Telkomsel dalam bidang peningkatan kualitas Sosial Masyarakat di Kabupaten Bandung Barat khususnya melalui program pelatihan dan pengembangan masyarakat berbasis teknologi,” ungkap Venus

“Hal ini didasari oleh komitmen kami sebagai operator paling Indonesia untuk melayani negeri dengan teknologi komunikasi. Kami juga merupakan operator yang membangun jaringan komunikasi hingga pelosok bahkan pulau terluar,” lanjutnya

 Berbekal hal tersebut Telkomsel mendorong peningkatan kualitas sosial masyarakat  dan ekonomi kreatif berbasis teknologi broadband yang diwujudkan dalam program-program kerjasama, antara lain: Penyelenggaraan Program Desa Pintar yang dilengkapi Sistem informasi Sekolah dan aplikasi fingerprint, Pelatihan Pemberantasan Buta Internet, Penyelenggaraan Broadband Learning Center (BLC) sebagai pusat pembelajaran broadband, serta Pelatihan Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan arahan potensi broadband untuk memasarkan produk

“Lebih dari itu Telkomsel pun meningkatan kualitas jaringan, hadir lebih dekat dengan mobile grapari serta program Close User Grup yang memberikan tarif komunikasi yang hemat untuk setiap anggota komunitas yang tergabung didalamnya, contohnya pegawai atau karyawan wilayah Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat,” papar Venus.

Venus juga menyampaikan pentingnya penetrasi broadband dan pentingnya pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi khususnya bagi pembangunan. Data yang dirilis oleh Bank Dunia menyebutkan bahwa penetrasi broadband sebesar 10 persen bisa meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) 1,38 persen. Selain itu investasi sebesar satu persen di sektor TIK bisa memacu pertumbuhan ekonomi suatu negara hingga sekira tiga sampai lima persen.

“Kerjasama hari ini sekaligus memperkuat komitmen kami dalam mendukung pembangunan Jawa Barat setelah sebelumnya juga Telkomsel dikenal sebagai operator yang peduli terhadap bencana banjir lewat bantuan donasi terhadap Pemprov Jawa Barat, serta peningkatan pariwisata lewat penyediaan bus pariwisata Bandros  hasil kerjasama dengan Pemkot Bandung, " tutup Venusiana.

simPATI Social Max Berikan Akses Bebas ke 5 Aplikasi Sosial

Jakarta, 26 Maret 2014 – Telkomsel memperkenalkan paket simPATI Social Max yang merupakan paket internetan terbaru dimana pelanggan dapat menikmati akses 5 aplikasi sosial: BBMTM, WhatsApp, LINE, Path, & Waze sepuasnya (tanpa memotong kuota) serta tambahan quota internet sebesar 2GB dengan harga mulai dari Rp. 75.000/30 hari.

VP Marketing Communications, Irlamsyah Syam mengatakan “Telkomsel berusaha memanjakan pelanggannya khususnya brand simPATI untuk aktif menggunakan sosial media sesuai dengan lifestyle mereka bersama komunitas dan lingkungannya. Kami selalu menyediakan produk-produk terupdateuntuk memenuhi kebutuhan digital lifestyle pelanggan simPATI yang selalu dinamis di era modern ini. Melihat tingginya penggunaan pelanggan simPATIakan internet terutama  5 aplikasi sosial ini, kami menawarkan paket terbaru simPATI Social Max yang dibuat khusus untuk semakin menjawab kebutuhan mereka. Melalui paket ini, pelanggan simPATI dapat  bebas akses ke 5 aplikasi sosial yang sangat populer pada saat ini yaitu BBMTM, WhatsApp, LINE, Path & Waze, sehingga pelanggan dapat sepuasnya berinteraksi, update & share moments dengan teman dan kerabatnya”.  

Semua pelanggan simPATI dapat menikmati paket ini, dimana pembelian dapat dilakukan melalui *999# lalu pilih 1 (Paket Social MAX). Tentunya untuk dapat akses 5 aplikasi sosial tersebut, terlebih dahulu para pelanggan simPATI harus men-download di application store masing-masing.

Pada promo Social Max, simPATI membuat kompetisi digital bernama  #SocialMax Challenge yang merupakan tantangan 30 hari, dimana melaluigames ini pelanggan diajak untuk mengikuti tantangan harian (tiap harinya tantangan berbeda) menggunakan 5 aplikasi sosial yang ditawarkan secara gratis pada paket, secara bergantian. Pelanggan dapat memenangkan hadiah liburan & paket internetan selama setahun. Untuk panduan yang lebih lengkap dapat dilihat di website www.telkomsel.com/simPATI.

“Dengan didukung jaringan terluas dan tercepat yang kami miliki, kami harap paket simPATI Social Max akan memberikan pengalaman digital lifestyleterbaik kepada para penggunanya.” Tutup Irlamsyah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelima aplikasi sosial diatas, dapat dilihat di www.whatsapp.comwww.bbm.comline.mepath.com danwww.waze.com.

Telkomsel Wujudkan Mimpi LOOPers Serahkan Bantuan Pendidikan Untuk Anak Rentan Putus Sekolah

Telkomsel Wujudkan Mimpi LOOPers : (ki-ka) Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, perwakilan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), Vice President Prepaid and Broadband Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani, Executive Vice President Telkomsel Area Jabotabek Jabar, Venusiana Papasi, pada saat acara Telkomsel serahkan bantuan pendidikan kepada Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), dimana selanjutnya akan diteruskan kepada anak-anak yang rentan putus sekolah.  

Jakarta, 21 Maret 2014 – Setelah sukses mengadakan One Million Dreams Concert (OMDC) dan launching brand untuk segmen youth dengan nama LOOP,9 Maret 2014 yang lalu serentak di 10 kota: Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Banjarmasin dan Makassar, kini Telkomsel menyerahkan bantuan pendidikan untuk mewujudkan mimpi LOOPers akan pendidikan di Indonesia yang lebih baik.

VP Corporate Communication, Adita Irawati mengatakan “Lewat OMDC kami mengajak anak-anak muda Indonesia untuk dapat berbuat lebih lebih banyak bagi bangsanya dengan cara menyuarakan mimpi akan pendidikan yang lebih baik di Indonesia. Kini semua mimpi, aspirasi dan semangat yang telah disalurkan kami wujudkan berupa bantuan pendidikan ke anak-anak yang rentan putus sekolah”.

Sejak digulirkan di awal Februari, OMDC yang mengusung tema “Bersama, Beri Arti, Dalam Satu Aksi” berhasil menarik respon yang luar biasa dariLOOPers baik dalam bentuk submission mimpi melalui website loop.co.id maupun kepedulian yang disuarakan lewat hashtag #1milliondreams.  Secara total OMDC melibatkan secara aktif sekitar 20,000 LOOPers pada konser yang dilakukan serentak di 10 kota ini, yang terdiri dari penonton, peserta band competition, dan sebagai crew dalam event tersebut .

Adapun bantuan pendidikan diserahkan kepada Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), dimana selanjutnya akan diteruskan kepada anak-anak yang rentan putus sekolah di tahun terakhir tingkat SMP dan SMA di 5 lokasi yaitu Jambi, Sukabumi, Banyuwangi, Kendari dan Pontianak agar dapat melanjutkan mimpinya untuk mengenyam pendidikan. Program ini juga mendapatkan dukungan dari artis Raisa, selaku pemenang Battle Band di Jakarta, dimana seluruh hadiah uang tunai sebesar 50 juta rupiah akan disumbangkan secara utuh.
  
“Kami melihat adanya semangat dan kesadaran sosial yang tinggi dari anak-anak muda Indonesia untuk membantu sesama. Untuk itu ke depannya kami ingin mengajak lebih banyak lagi anak-anak muda Indonesia untuk terus menyuarakan perubahan ke arah yang lebih baik bersama LOOP”, ujar Adita.

Selain mewujudkan mimpi LOOPers akan pendidikan di Indonesia yang lebih baik, LOOP juga mewujudkan mimpi para peserta OMDC school band competition, dimana para pemenang dapat tampil sebagai band pembuka artis-artis utama dan mendapatkan hadiah uang tunai dan khusus pemenang utama mendapatkan hadiah spesial, yaitu kesempatan untuk dibuatkan Nada Sambung Pribadi (NSP). Tercatat sebanyak 310 band dari berbagai sekolah di 10 kota mengikuti OMDC school band competition. 

Ke depannya, LOOP akan menggelar program-program lanjutan sebagai bentuk kesinambungan dalam mewujudkan mimpi-mimpi generasi muda Indonesia. Lebih lanjut mengenai segala aktivitas LOOP dapat dilihat di loop.co.id.

Telkomsel Luncurkan Gerakan Indonesia Genggam Internet Ajak Pelanggan Untuk Berantas Buta Internet di Indonesia

Indonesia Genggam Internet: (ki-ka) Direktur Marketing PT. Telkomsel, Alistair Johnston, Vice President Marketing Communications PT. Telkomsel, Irlamsyah Syam, Vice President Prepaid and Broadband Marketing PT. Telkomsel, Ririn Widaryani, Pemilik Ayam Bakar Mas Mono, Mono, pada saat acara Telkomsel meluncurkan inisiasi gerakan “Indonesia Genggam Internet” di Jakarta, (24/3).

Jakarta, 24 Maret 2014 – Telkomsel meluncurkan inisiasi gerakan “Indonesia Genggam Internet”, dimana gerakan ini mengajak langsung keterlibatan para pelanggan untuk ikut aktif memberantas buta internet (Bunet) di Indonesia. Program yang akan berjalan hingga akhir tahun ini diharapkan mampu mempercepat edukasi broadband kepada pengguna awal internet.

Menurut riset internal Telkomsel, masih banyak penduduk di Indonesia yang memiliki anggapan bahwa Internet merupakan hal yang rumit, hanya untuk konsumsi anak muda, dan tidak bermanfaat atau malah membawa pengaruh negatif. Hal inilah yang dicoba untuk dijembatani program Genggam Internet, yakni melalui berbagi kebaikan internet.

Direktur Marketing Telkomsel, Alistair Johnston mengatakan, “Telkomsel ingin membentuk image positif kemanfaatan internet, sekaligus membantu masyarakat yang Bunet untuk mengerti cara mengunakan internet secara sehat. Hal ini diharapkan mampu memacu penggunaan internet yang produktif di kalangan masyarakat, seiring dengan tag line kami Telkomsel Untuk Indonesia, yang senantiasa ingin memberikan yang terbaik bagi bangsanya.”

Seluruh pelanggan Telkomsel dapat berpartisipasi dalam gerakan ini, dan berperan sebagai agen internet yang bertugas memberikan edukasi akan kebaikan dan kemanfaatan internet bagi kehidupan masyarakat. Adapun pelanggan Bunet yang menjadi target gerakan ini diantaranya adalah ibu rumah tangga, petani, pedagang, penjaja kaki lima dan masih banyak lagi. Telkomsel menargetkan untuk menjaring sebanyak 1 juta agen internet hingga akhir tahun 2014.

Gerakan ini juga akan menyasar sekitar 80,000 Usaha Kecil Menengah (UKM) dari berbagai bidang usaha, binaan Community Development Center (CDC) Telkom, dimana pelatihan dasar internet diharapkan akan mampu meningkatkan kemampuan para pelaku UKM di dalam melakukan pemasaran berbasis online.

Untuk menjadi agen internet, pelanggan hanya perlu menghubungi *363*11# atau klik ke telkomsel.com/GenggamInternet. Sebagai apresiasi terhadap agen-agen internet, Telkomsel memberikan berbagai benefit mulai dari paket data gratis, hingga undian untuk mendapatkan ratusan hadiah menarik seperti Honda Revo, Yamaha Vixion, Samsung Galaxy Young, Galaxy Note 2, dan perjalan Umroh.

Gerakan Indonesia Genggam Internet akan melengkapi upaya Telkomsel di dalam mengembangkan masyarakat digital Indonesia, dimana saat ini tantangan utamanya terletak pada edukasi yang menyeluruh kepada lapisan masyarakat yang belum tersentuh akan manfaat internet. Untuk mendukung hal ini, secara infrastruktur, Telkomsel terus mengembangkan kesiapan akses internet di berbagai daerah sehingga muncul  kesetaraan ber-internetan dengan kualitas terbaik baik  di perkotaan maupun di pedesaan. Saat ini Telkomsel juga memiliki 300 Broadband City Telkomsel yang menawarkan akses internet cepat. 

“Selama tahun 2013 kami mengalami pertumbuhan data broadband dan digital services yang mencapai angka diatas 30%, dan kami yakin hal ini akan dapat terus meningkat apabila kami mampu memperkenalkan internet dengan lebih luas lagi kepada masyarakat. Gerakan ini diharapkan akan mampu mempercepat terwujudnya masyarakat digital Indonesia”, tutup Alistair.