Friday, November 21, 2014

Telkomsel Hadirkan Layanan M2M Terlengkap Tingkatkan Efisiensi dan Produktivitas Korporasi di Indonesia

Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga dan DirJen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Prof. Kalamullah Ramli saat mendengarkan pemaparan mengenai penerapan M2M dalam mendukung pengembangan smart city di Indonesia. Telkomsel hadirkan layanan M2M (Machine to Machine) terlengkap berupa solusi end-to-end yang menyediakan fleksibilitas control system untuk solution provider maupun untuk pelanggan korporasi sehingga mampu memenuhi segala kebutuhan pelanggan.

Jakarta, 19 November 2014  Telkomsel hadirkan layanan M2M (Machine to Machine) terlengkap berupa solusi end-to-end yang menyediakan fleksibilitas control system untuk solution provider maupun untuk pelanggan korporasi sehingga mampu memenuhi segala kebutuhan pelanggan. Peluncuran resmi layanan M2M Telkomsel bertempat di Jakarta, ditandai dengan penandatanganan kerjasama maupun MoU (Memorandum of Understanding) yang dilakukan oleh Telkomsel dengan beberapa pihak, antara lain dalam hal M2M dengan Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia), LIPI, PINS Indonesia, Ghuroba Madani dan FEC Solution, serta untuk Telkomsel Corporate Business Solution dengan Astra International dan Asuransi Astra.
Dalam kesempatan tersebut Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga mengatakan, “Segmen korporasi merupakan segmen yang perlu didukung perkembangannya di Indonesia karena efek multiplier yang akan ditimbulkan bagi lingkungannya. Untuk itu kami menghadirkan solusi M2M dengan berbagai pilihan teknologi yang terbaik dan ekosistem yang lebih lengkap, sehingga akan membantu pelanggan menjalankan bisnisnya secara lebih efektif, efisien dan mudah secara operasional yang akan meningkatkan produktivitasnya. Kami siap membantu perusahaan dan pelaku usaha di Indonesia untuk dapat lebih mengembangkan bisnisnya melalui solusi M2M kami yang didukung oleh Telkomsel M2M Control Center bekerja sama dengan Jasper yang telah dipercaya oleh lebih dari 2500 Enterprise di dunia dan Telkomsel M2M Application Platform yang dapat diandalkan.”

Penggunaan solusi M2M terus berkembang seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi mobile untuk melakukan komunikasi antara aset maupun perangkat bisnis dari area manapun. Penggunaan M2M secara efektif akan mengurangi biaya produksi dan operasional, meningkatkan akses (layanan) terhadap suatu informasi dan menambah pilihan produk yang ditawarkan.

Telkomsel telah siap menawarkan M2M solusi untuk memenuhi kebutuhan bisnis operasional bagi pelanggan korporasi dan siap menggandeng partner solusi dan device untuk menggunakan Telkomsel M2M platform, yaitu Control Centerdan Application Platform. Diharapkan dengan menyediakan ekosistem M2M secara utuh, Telkomsel turut mendukung partner solusi lokal untuk lebih variatif menawarkan berbagai jenis solusi M2M yang sangat dibutuhkan oleh korporasi di Indonesia. Hal tersebut didukung oleh jaringan Telkomsel yang handal berupa 83,000 BTS (Base Tranceiver Station) dan SIM card yang didesain khusus untuk menunjang bisnis M2M yang telah diuji pada kondisi yang sangat ekstrim, yaitu di suhu -40 C sampai 105 C.

Beberapa fungsi dari Telkomsel M2M Control Center dan Telkomsel M2M Application Platform yang telah siap digunakan oleh pelanggan korporasi maupun partner solusi  adalah sebagai berikut:
  • Telkomsel M2M Control Center hadir dengan berbagai keunggulan seperti Remote Diagnostic untuk mengetahui sebab gangguan yang ada pada kartu M2M dari jarak jauh, Usage Control & Fraud Management untuk mengetahui penggunaan konektivitas perangkat-perangkat, Customized Device Life Cycle & Powerful automationdimana pelanggan bisa menentukan kapan kartu akan diaktifkan maupun dinonaktifkan secara automatis, danSecure Traffic yaitu berupa jaringan khusus Telkomsel yang didedikasikan khusus bagi pelanggan sehingga aman untuk layanan seperti perbankan dan pemerintahan.

  • Telkomsel M2M Application Platform memiliki berbagai keunggulan untuk membantu solusi partner dalam menciptakan M2M solusi yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat luas, seperti Connected Services (Monitoring), Connected Access (Remote Access), Connected Content (Content Distribution), Connected Reporting (Report & Dashboards) dan Connected Configuration (Configuration Management).

Pada fase ini, Telkomsel telah siap membidik pada 3 industri vertikal utama yaitu Automotive, Finance, serta Utilities. Aplikasi solusi TELKOMSEL dalam M2M antara lain (namun tidak terbatas pada) Branchless Banking, Driving Analytics, Fleet Tracking Management, Home Automation, m-POS,  Sales Force Automation, Smart Metering (untuk agrikultur, gas & air), dan Usage Based Auto Insurance (UBI). Dengan siap menggandeng partner solusi dan platform yang telah siap digunakan, Telkomsel akan membidik segment industry lainnya dan tentu saja akan memenuhi kebutuhan segmen pelanggan lainnya selain korporasi, yaitu perorangan atau retail.

Riset dari Machina Research mempredikasi bahwa dari potensi market M2M di Indonesia tahun 2014 adalah 4.7 Juta dari konektifitas seluler, dan diperkirakan akan tumbuh menjadi 20.9 Juta pada tahun 2020, maka dapat dipastikan Indonesia telah siap masuk ke dunia otomatisasi melalui teknologi M2M ini.

“Ke depannya kami berharap layanan M2M kami akan dapat diimplementasikan pada Smart City Platform yang rencananya akan digelar di berbagai kota di Indonesia. Layanan M2M akan membantu sebuah kota untuk dapat melakukan efisiensi waktu dan sumber daya. Selain itu perputaran informasi juga dapat terjadi dengan cepat, sehingga pengambilan keputusan dapat diambil segera dan tepat berdasarkan informasi real time”, tutup Alex.

Kajian Authentic Brands 2014: Telkomsel Perusahaan Paling Otentik di Indonesia

Telkomsel dinilai sebagai perusahaan yang paling otentik di Indonesia dalam hasil kajian Authentic Brands 2014 yang dilakukan oleh perusahaan komunikasi global Cohn & Wolfe Cohn & Wolfe. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan Cohn and Wolfe, konsumen Indonesia lebih memilih kejujuran perusahaan dalam banyak hal khususnya perusahaan tersebut tidak korupsi, perusahaan lebih mementingkan dampak lingkungan dan perusahaan peduli terhadap lingkungan sosial.

Jakarta, 13 November 2014 – Telkomsel dinilai sebagai perusahaan yang paling otentik di Indonesia dalam hasil kajian Authentic Brands 2014 yang dilakukan oleh perusahaan komunikasi global Cohn & Wolfe Cohn & Wolfe. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan Cohn and Wolfe, konsumen Indonesia lebih memilih kejujuran perusahaan dalam banyak hal khususnya perusahaan tersebut tidak korupsi, perusahaan lebih mementingkan dampak lingkungan dan perusahaan peduli terhadap lingkungan sosial.

Studi yang diberi nama "Authentic Brands" ini merupakan laporan ketiga dari seri Authentic Brands Cohn & Wolfe yang memeriksa peran otentisitas dalam bisnis, atribut yang diasosiasikan dengan merek yang otentik, dan dampak otentisitas pada konsumen, investor dan sikap serta perilaku karyawan. Adapun laporan ini berdasarkan hasil kajian kuantitatif dan kualitatif pada 12,000 responden di 12 pasar: China, Perancis, Jerman, Hong Kong, India, Indonesia, Itali, Spanyol, Swedia, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, “Dalam beroperasi kami selalu menjunjung tinggi good corporate governance dan patuh kepada ketetntuan dan peraturan yang berlaku. Begitu pula ketika kami menawarkan layanan atau produk, dimana keterbukaan akan informasi yang lengkap menjadi sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan kami.”  

Di Indonesia, sembilan dari sepuluh konsumen percaya bahwa penting bagi perusahaan untuk jujur mengenai dampak lingkungan dan kebijakan keberlanjutan mereka, dibandingkan 81% responden lainnya yang meletakkan prioritas pada kegunaan produk. Selain itu, dari 1000 responden, sebanyak 91% diantaranya mengatakan penting bagi perusahaan untuk berkomunikasi secara jujur mengenai produk dan layanan mereka, dan 32% responden mengatakan mereka akan mengikuti perusahaan-perusahaan yang terbuka dan jujur di sosial media, yang tertinggi di semua pasar global.

Managing Director Chon and Wolfe Indonesia Andrew Goldman mengatakan, "Banyak konsumen yang lebih peduli perusahaan Indonesia harus lebih transparan dan jujur.”

Kajian Authentic Brands menunjukkan orang Indonesia memiliki kepercayaan terbesar pada merek-merek ternama.Sesuai dengan temuan, 40% konsumen Indonesia setuju bahwa perusahaan-perusahaan besar sangat transparan dan jujur, tertinggi dari semua pasar di seluruh dunia, dibandingkan dengan 10 persen dari konsumen global.

Thursday, November 13, 2014

Telkomsel Rangkul Mahasiswa Baru Politeknik LP3I

GM Sales Region Jawa Barat Hasan Kurdi menandatangani perjanjian kerjasama dengan Direktur Politeknik LP3I Bandung Kamaluddin Yusuf SE di Hotel Harris Bandung (11/11).


Bandung, 11 November 2014 – Guna meningkatkan layanan pendidikan dan pengembangan program kemahasiswaan, Telkomsel bersama Politeknik LP3I menandatangani perjanjian kerjasama dalam penyediaan fasilitas layanan telekomunikasi untuk mendukung kegiatan pendidikan dan kemahasiswaan di lingkungan Politeknik LP3I Bandung.

Penandatangan kerja sama ini dilakukan oleh GM Sales Telkomsel Region Jawa Barat Hasan Kurdi dengan Direktur Politeknik LP3I Bandung Kamaluddin Yusuf SE.

GM Sales Region Jawa Barat Hasan Kurdi menyampaikan, “Melalui kerjasama ini kami memberi kemudahan berkomunikasi berupa layanan CUG dan peningkatan kualitas jaringan untuk kenyamanan komunikasi nelpon SMS maupun internetan. Tidak lupa kami hadir lebih dekat ke civitas akademika melalui mobile grapari.”

“Kami akan mensosialisasikan program  yang dilaksanakan dengan Politeknik LP3I Bandung secara berkala sesuai dengan kebutuhan dari pihak Politeknik LP3I Bandung , sebagai tahap awal program ini akan diimplementasikan kepada mahasiswa baru angkatan 2015-2016 “, tambah Hasan.

Kerjasama ini menghasilkan berbagai fasilitas, meliputi penyediaan kartu perdana LOOP yang digunakan sebagai sarana informasi kampus bagi mahasiswa baru, dengan fasilitas free call dan sms antar sesama group senilai Rp. 20.000,- per-bulan dengan bonus data 500 MB senilai Rp 23.000,-. Selain itu program ini menyediakan fasilitas layanan broadcast SMS “Teman Telkomsel” dengan biaya Rp. 1,- / SMS dengan kuota 1.000.000 sms / bulan. 

"Kami juga membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi mahasiswa Politeknik LP3I Bandung yang akan melakukan kunjungan kerja dan job training ke Telkomsel", tutup Hasan.


Telkomsel Luncurkan Layanan ‘Big Data’

Telkomsel_Big Data: Vice President Digital Advertising Telkomsel, Haryati Lawidjaja saat memberikan pemaparan mengenai layanan terbaru dari Telkomsel “Big Data”, di Jakarta, Jum’at (7/11). Layanan ‘Big Data’ merupakan layanan informasi dan analisa data perilaku sehari-hari konsumen secara kolektif dan dipercaya akan memberikan berbagai manfaat kepada pelanggan korporat seperti dapat menyajikan informasi yang mendekati real-time sehingga pelanggan korporat dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih cepat, mengelola consumer experience dan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Jakarta, 7 November 2014 – Telkomsel meluncurkan layanan terbarunya, yaitu layanan ‘Big Data’ yang merupakan layanan informasi dan analisa data perilaku sehari-hari konsumen secara kolektif. Layanan ini akan sangat berguna bagi pemasar untuk mengetahui perilaku konsumen yang berkaitan dengan produknya sehingga dapat merancang strategi bisnis yang lebih terarah kepada kelompok konsumen yang tepat, di saat yang tepat, lokasi yang tepat dan dengan komunikasi yang tepat pula.Vice President Digital Advertising, Haryati Lawidjaja mengatakan, “Sebagai perusahaan dengan visi menjadi penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya, maka kami akan selalu menghadirkan berbagai inovasi digital services yang dapat memberikan nilai tambah bagi para pelanggan. Kali ini, kami menghadirkan layanan Big Data untuk pertama kalinya yang akan membantu para pelaku bisnis di Indonesia untuk meningkatkan performansi mereka. Layanan ini juga akan memperkaya ekosistem digital di tanah air dan diharapkan dapat membantu perkembangan Indonesia di berbagai sektor.”

Big data dipercaya akan memberikan berbagai manfaat kepada pelanggan korporat seperti dapat menyajikan informasi yang mendekati real-time sehingga pelanggan korporat dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih cepat, mengelola consumer experience dan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Berbagai manfaat ini pun akan membuat perusahaan-perusahaan yang menggunakan ‘Big Data’ untuk selalu berada terdepan di dalam persaingan bisnisnya.

Layanan Big Data Telkomsel akan menggabungkan data secara agregat lebih dari 139 juta pelanggannya, dengan mengutamakan privasi pelanggan. Telkomsel menghormati sepenuhnya undang-undang dan hukum yang melindungi privasi pelanggan, dan untuk itu data pelanggan dikelola secara anonim, agregat dan efisien yang dibuat menjadi informasi dan insight yang dikelola dari waktu ke waktu.
“Layanan Big Data Telkomsel akan membantu pelanggan korporat untuk mengolah kumpulan data mentah dalam jumlah besar untuk menjadi suatu informasi yang spesifik seperti dalam hal segmentasi dan analisa lokasi, sehingga dapat membantu pengambilan keputusan yang strategis seperti dalam membuat strategi iklan yang lebih akurat, dengan jangkauan yang lebih terarah dan tepat sasaran”, tambah Haryati.

Beberapa aplikasi bisnis dari informasi Big Data diantaranya digunakan untuk melakukan monitoring perubahan jumlah trafik pengunjung pusat; segmentasi konsumen berdasarkan profil tertentu; mengetahui perilaku digital konsumen, pola pergerakan konsumen antar lokasi, dan perilaku konsumen terhadap produk dan servis.

Layanan Big Data Telkomsel merupakan bagian dari layanan mobile advertising yang terus dikembangkan sesuai dengan fokus perusahaan menggenjot bisnis digital. Perkembangan mobile advertising berhubungan erat dengan tingkat pertumbuhan penggunaan ponsel di Indonesia yang sudah mencapai angka 284 juta, waktu menggunakan ponsel yang lebih lama dibandingkan televisi dan PC, dan juga pertumbuhan pesat pengguna smartphone pada khususnya.

Telkomsel “LangitMusik Festival” Ajak Pelanggan Dukung Industri Musik Tanah Air

 Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu (tengah) saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (05/11) didampingi oleh perwakilan Managing Director Warner Music Indonesia, Toto Widjojo (ketiga dari kanan), Managing Director Pelangi Records, Aka Zakaria (paling kiri), GM Asiri (Asosiasi Industri Rekaman Indonesia), Ventha Lesmana (paling kanan), artis Virzha(kedua dari kiri) dan artis Armand Maulana (kedua dari kanan), Telkomsel kembali akan menggelar LangitMusik Festival pada tanggal 9 November 2014 di Area Parkir Bekasi Square, ini merupakan sebuah konser musik yang diselenggarakan bekerja sama dengan para pelaku Industri Musik Digital tanah air dengan membawa semangat mendukung industri musik nasional serta melawan pembajakan.

Jakarta, 5 November 2014 – Telkomsel menggelar LangitMusik Festival yang merupakan sebuah konser musik yang diselenggarakan bekerja sama dengan para pelaku Industri Musik Digital tanah air untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan setia Digital Music Telkomsel. LangitMusik Festival akan menampilkan lebih dari 15 band/penyanyi kenamaan Indonesia dan membawa semangat mendukung industri musik nasional serta melawan pembajakan.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu mengatakan, “LangitMusik Festival merupakan kelanjutan dari movement yang kami lakukan bersama dengan teman-teman record labels tahun lalu dalam rangka menyambut HARI PAHLAWAN. Tema yang kami usung saat itu adalah BeMyHERO: Jadikan Musik Indonesia Pahlawan di Negeri Sendiri, dimana kami mengajak fans artis Indonesia bisa menjadi pahlawan dengan cara mengunduh hasil karya anak negeri secara legal.” 

LangitMusik Festival akan dilakukan pada tanggal 9 November 2014 di Area Parkir Bekasi Square dan berisi penampilan berbagai musisi ternama Indonesia dari genre yang berbeda, diantaranya Dangdut, Melayu, POP maupun ROCK. Sedangkan artis yang akan tampil juga bervariasi, mulai dari Cita Citata sampai dengan Geisha dan KOTAK.

Untuk masuk ke area festival, para pelanggan Telkomsel cukup membeli tiket masuk dan dapat menikmati privilege khusus di lounge dan mengikuti berbagai games/benefit lainnya dengan cara membeli NSP/ Lagu dan mendownload aplikasi LangitMusik. Sedangkan bagi pelanggan non Telkomsel diharuskan membeli tiket masuk dan membeli starter pack yang ada di venue. Mereka pun kemudian bisa membeli NSP/Lagu dan download aplikasi LangitMusik untuk menikmati berbagai privilege di venue.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan para fans untuk menunjukkan sikap peduli mereka terhadap tumbuhnya industri musik Indonesia adalah dengan cara mengunduh lagu secara legal baik melalui NSP, MP3 maupun dalam aplikasi LangitMusik yang merupakan hasil karya anak negeri dan diperuntukkan bagi kemajuan indistri musik”, tambah Marina. 

LangitMusik Festival adalah project kolaborasi antara Telkomsel, MelOn, ASIRI (Asosiasi Industri Rekaman Indonesia) dan 16 Label yaitu Alfa Record, Aquarius Musikindo, E-Motion Entertainment, GP Records, Harpa Records, Musica Studio’s, Nagaswara, Pelangi Records, Media Musik Proaktif, Profesional Music, Sani Sentosa, Sony Music, Trinity Optima Prod., Universal Music Indonesia, Virgo Multi Cipta, Warner Music Indonesia. Event ini juga disiarkan secara live dan dapat disaksikan dengan cara streaming di langitmusik.com, bekerja sama dengan UseeTV.

Saat ini LangitMusik bekerjasama dengan MelOn Indonesia hadir memberikan solusi bagi para penggemar musik di Indonesia, khususnya pelanggan Telkomsel yang menginginkan  musik digital secara legal, berkualitas dan mudah. Cukup dengan meng-install aplikasi langitMusik melalui Google Play, BlackBerry World, Windows Phone Store ataupun App Store , dimana dalam layanan tersebut tersedia 1,2 juta lagu plus liriknya dengan kualitas suara dolby digital. Dengan demikian, secara tidak langsung para pecinta musik dapat menikmati sekaligus juga mengapresiasi karya musik Indonesia.

Wednesday, November 5, 2014

Telkomsel Luncurkan Program ‘Pesta Akhir Tahun 2014’ Berhadiah 3 Unit BMW dan Ratusan Smartphone

Jakarta, 31 Oktober 2014 – Telkomsel kembali menggelar program Pesta Akhir Tahun di penghujung tahun 2014 yang ditujukan bagi seluruh pelanggan Telkomsel, baik Kartu Halo, simPATI, Kartu As, dan LOOP. Para pelanggan memiliki kesempatan untuk membawa pulang hadiah grand prize berupa 1 unit BMW X3, 2 unit BMW 116i, dan 200 unit Samsung Galaxy Note 4.

Vice President Postpaid Marketing, Derrick Heng menjelaskan, “Kami bisa selalu menjadi yang terdepan hingga saat ini salah satunya adalah berkat kepercayaan pelanggan dalam menikmati produk serta layanan kami. Untuk itu, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan bagi seluruh pelanggan, maka kembali kami hadirkan program Pesta Akhir Tahun dengan hadiah yang fantastis.”

Bagi para pelanggan yang menukar Telkomsel poin yang dimiliki, membeli paket tertentu kartuHalo, simPATI, Kartu As, LOOP atau mengaktifkan produk digital Telkomsel akan berkesempatan mendapat hadiah-hadiah ini. Untuk mengikuti program ini Pelanggan dapat mengakses MyTelkomsel apps atau hubungi UMB *123*1#. Program ini berlangsung hingga 31 Desember 2014, sementara pengundian pemenang akan dilakukan pada Januari 2015.

Program Pesta Akhir Tahun adalah program loyalitas pelanggan berbentuk undian, yang ditujukkan untuk seluruh pelanggan Telkomsel yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para pelanggan yang telah setia menggunakan produk dan layanan Telkomsel. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini, pelanggan dapat menelusuri website www.telkomsel.com/pestaakhirtahun.

Telkomsel Tumbuh Double Digit 3 Tahun Berturut-Turut Percepat Terbentuknya Masyarakat Digital Indonesia

Jakarta, 30 Oktober 2014 – Telkomsel meraih hasil yang memuaskan hingga kuartal ketiga (Q3) 2014 dengan mencatatkan pencapaian 139,3 juta pelanggan atau tumbuh 8,9% YoY (Year on Year) dan pertumbuhan di segala lini bisnis baik digital (mobile broadband dan digital services) maupun bisnis suara dan SMS. Hal ini menjadikan Telkomsel selama 3 tahun berturut-turut memiliki kinerja keuangan yang solid dan mampu menjaga pertumbuhan pendapatan sebesar 10% ditengah-tengah industri telekomunikasi yang telah mature. Tingkat profitabilitas mampu dijaga dengan baik, dengan EBITDA margin konsisten di atas 55% dan net income margin di atas 28%. 

Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga mengatakan, “Pencapaian ini merupakan buah kepercayaan dan dukungan pelanggan serta seluruh stakeholders, sehingga Telkomsel dapat terus menjadi yang terdepan memimpin industri telekomunikasi selular tanah air dan dapat terus berkontribusi kepada bangsa Indonesia, salah satunya dengan menjadi pembayar pajak terbesar bagi negara.”

Catatan yang baik ini didorong oleh pertumbuhan yang kuat di bisnis digital sebesar 32,5% YoY, dimana mobile broadband tumbuh 32.9% YoY dan digital services tumbuh 28.4% YoY. Trafik data juga naik tajam 146.1% dibandingkan tahun sebelumnya. Di saat yang sama, Telkomsel berhasil untuk mempertahankan pertumbuhan layanan suara sebesar 7,2% YoY dan SMS sebesar 2,8 YoY.

“Kami akan terus menghadirkan berbagai terobosan produk, layanan dan teknologi terkini kepada para pelanggan. Ke depannya kami berkomitmen untuk memberikan layanan mobile broadband dan secara berkelanjutan membangun infrastrukturnya agar dapat mempercepat terwujudnya Masyarakat Digital Indonesia. Hingga kini kami telah menjangkau lebih dari 95% dari total poulasi Indonesia, membangun 369 kota sebagai broadband city dengan didukung lebih dari 83,000 BTS dimana 37.000 BTS diantaranya merupakan BTS 3G”, ujar Alex.

Saat ini Telkomsel memiliki 63.5 juta pelanggan data atau lebih dari 46% total pelanggannya. Selain itu saat ini Telkomsel memiliki 35.4 juta pelanggan pengguna smartphone  yang merepresentasikan 25% dari total pelanggan. Untuk meningkatkan penggunaan mobile broadband di Indonesia Telkomsel melakukan serangkaian program edukasi bertajuk “Indonesia Genggam Internet”. Program ini diharapkan akan dapat mendorong adopsi smartphone 3G oleh pelanggan 2G serta memberikan manfaat positif internet yang seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia.


Dalam menjaga leadership di industri telekomunikasi selular tanah air, Telkomsel selalu merespon terhadap perubahan teknologi yang terjadi dengan sangat cepat. Dalam waktu dekat, Telkomsel segera menggelar layanan dengan teknologi 4G untuk memastikan pengalaman pelanggan yang terbaik. Telkomsel pun sebelumnya telah sukses melakukan serangkaian uji coba teknologi 4G sejak tahun 2010 di Jakarta dan pada ajang APEC 5-7 Oktober 2013 di Bali. Telkomsel memastikan agar layanan ini dapat segera dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.

“Telkomsel menempatkan kepuasan pelanggan sebagai hal utama. Kunci utamanya adalah memberikan layanan yang prima. Hingga saat ini pelanggan telah dilayani melalui lebih dari 400 kantor pelayanan Telkomsel atau  GraPari yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan  268 mobile GraPari yang siap menembus daerah pelosok sekalipun, serta Call Center yang bersertifikasi ISO 9001:2008”, tutup Alex.

Selain pertumbuhan pendapatan yang baik, kepercayaan akan kualitas layanan Telkomsel juga mendapatkan pengakuan dari berbagai lembaga nasional dan internasional antara lain sebagai Indonesia Mobile Service Provider of the Year dari Indonesia Service Excellence Awards 2014, Best Customer Support Channels dan Best Services dari Frost and Sullivan Asia Best Practives in Customer Experience Awards, dan sebagai Operator of The Year Serta Best Digital Service dari Selular Award 2014.

Kinerja yang telah dicapai adalah hasil kerja keras dan dukungan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat luas. Telkomsel memahami pertumbuhan perusahaan juga harus diiringi dengan pertumbuhan masyarakat sekitar. Untuk itu beragam program tanggung jawab sosial telah dilaksanakan yang meliputi bidang pendidikan, social ekonomi, lingkungan dan kebencanaan.

Program Kejutan *500# dari Telkomsel Beli Paket Digital dan Dapatkan ‘Diskon Paket’ Layanan Telkomsel

Di UMB *500#, pelanggan dapat menemukan aneka layanan digital seperti NSP, Pop Call, Paket Data Facebook SNC, Dunia Games, KPop, Video 500 dan masih banyak lagi. Pelanggan akan mendapatkan Diskon Paket senilai 10 % dari harga layanan-layanan digital yang dapat diperoleh di *500#. Adapun Diskon Paket *500# hanya bisa dinikmati oleh pelanggan Telkomsel dan khusus kartuprepaid (kartu AS, simPATI, dan LOOP).

Jakarta, 30 Oktober 2014 – Telkomsel meluncurkan Program Kejutan *500# yang merupakan program yang memberikan ‘Diskon Paket’ setiap kali pelanggan melakukan pembelian layanan-layanan digital melalui UMB *500#. Diskon Paket selanjutnya dapat ditukarkan dengan paket Telepon, SMS, internet, dan layanan-layanan digital.

Vice President Digital Business Marketing Telkomsel, Agus Mulyadi mengatakan, “Program ini bertujuan untuk mengenalkan layanan-layanan Digital Telkomsel kepada masyarakat, terutama pasar youth. Melalui program ini kami harap pelanggan dapat mengadopsi layanan-layanan Digital Telkomsel, sekaligus memperkenalkan UMB *500# sebagai one-stop UMB untuk layanan-layanan digital.”

Di UMB *500#, pelanggan dapat menemukan aneka layanan digital seperti NSP, Pop Call, Paket Data Facebook SNC, Dunia Games, KPop, Video 500 dan masih banyak lagi. Pelanggan akan mendapatkan Diskon Paket senilai 10 % dari harga layanan-layanan digital yang dapat diperoleh di *500#. Adapun Diskon Paket *500# hanya bisa dinikmati oleh pelanggan Telkomsel dan khusus kartuprepaid (kartu AS, simPATI, dan LOOP)

Untuk dapat merasakan serunya Kejutan *500#, pelanggan harus terdaftar terlebih dahulu dengan menghubungi *500# kemudian memilih 1 (registrasi), atau menghubungi direct code *500*44#. Setelah melakukan pendaftaran, pelanggan dapat mengumpulkan Diskon Paket dengan membeli layanan-layanan digital di *500# dan mengecek jumlah Diskon Paketnya di *889#.

Selanjutnya pelanggan dapat menukarkan Diskon Paket dengan Paket Telepon, SMS, Data atau paket layanan digital lainnya di *500*66# Promo selama periode tanggal 5 Oktober – 31 Desember 2014. Sementara bagi pelanggan yang tidak melakukan pendaftaran dapat tetap melakukan pembelian layanan-layanan digital di *500# tanpa mendapat Diskon Paket.

Telkomsel Serahkan Hasil Program Donasi Ramadhan ke BAZNAS

(ki-ka) Kadiv Penghimpunan & Komunikasi Lembaga BAZNAS, Hermin R rachim, General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel, Tubagus Husniyullah, Direktur Pelaksana BAZNAS, Teten kustiawan, VP Corporate Communications Telkomsel, Adita irawati, VP Prepaid & Broadband Marketing Telkomsel, Ririn widaryani dan General Manager Prepaid Campaign and Retention Telkomsel, Setyowati saat penyerahan secara simbolis donasi program donasi ramadhan 1435 Telkomsel sebesar lebih dari 1.2 miliar rupiah yang disalurkan melalui Badan amil zakat nasional (BAZNAS) untuk program kewirausahaan berbasis pesantren, di Jakarta, Rabu (29/10).

Jakarta, 29 Oktober 2014 – Telkomsel hari ini menyerahkan hasil program Donasi Ramadhan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebesar lebih dari 1,2 miliar rupiah, yang dilakukan bersama-sama oleh VP Prepaid & Broadband Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani, VP Corporate Communications Telkomsel , Adita Irawati, dan VP Marketing Communications Telkomsel, Nirwan Lesmana kepada Direktur Pelaksana BAZNAS, Teten Kustiawan di Kantor Telkomsel, Jakarta.

VP Prepaid & Broadband Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan, “Kami mengajak partisipasi aktif dari para pelanggan kami pada program Donasi Ramadhan ini, dan kami pun bersyukur bahwa hasil yang terkumpul sangat menggembirakan. Kami harap hasil donasi ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pihak-pihak yang membutuhkan.”

Program Donasi Ramadhan merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka mendukung Telkomsel Siaga yang dijalankan selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2014. Program ini memfasilitasi pelanggan Telkomsel (prepaid dan postpaid) untuk berpartisipasi melakukan donasi setiap melakukan pembelian paket baik voice, SMS maupun data. Adapun besaran nilai donasi bervariasi sesuai dengan paket yang dibeli.

Mekanisme pengumpulan donasi ramadhan dilakukan dengan memanfaatkan layanan Telkomsel Siaga Apps dan UMB *123# sebagai media pembelian paket-paket donasi yang tersedia, dan selanjutnya hasil donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada program kewirausahaan berbasis pesantren yang dibina BAZNAS di seluruh Indonesia dalam program Rumah Makmur BAZNAS (RMB) dan Zakat Community Development (ZCD).

“Pengembangan wirausaha berbasis pesantren ini diharapkan dapat memberikan pendidikan dan kemandirian bagi masyarakat dan dana donasi yang disalurkan mampu mengangkat harkat dan martabat mustahik yang menerima manfaatnya,” ungkap Direktur Pelaksana BAZNAS, Teten Kustiawan.

Zakat Community Development sendiri merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat berbasis dana zakat. Taraf hidup masyarakat didorong melalui empat sektor yaitu ekonomi, kesehatan, pendidikan dan agama. Sedangkan Rumah Makmur BAZNAS merupakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui bantuan modal usaha.

LOOP Station Hadir di Jakarta One Stop Solution Bagi Segmen Anak Muda

Alistair Johnston, Direktur Marketing Telkomsel (paling kanan) saat meninjau ke dalam LOOP Station Mahakam didampingi oleh Venusiana Papasi, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel (paling kiri) dan Erwin Tanjung, Vice President Sales & Marketing Area Jabotabek Jabar Telkomsel (tengah).


Jakarta, 28 Oktober 2014 – Setelah diluncurkan di Bandung beberapa waktu yang lalu, kini LOOP Station hadir di Jakarta. Diresmikan langsung oleh Direktur Marketing Telkomsel, Alistair Johnston bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, LOOP Station kedua yang berlokasi di kawasan Mahakam, Jakarta Selatan ini berfungsi sebagai tempat hangout bagi LOOPers (sebutan pelanggan youth Telkomsel) untuk berkumpul menyalurkan hobi, berekspresi secara positif dan mencoba berbagai layanan digital terkini, serta sekaligus berfungsi sebagai kantor pelayanan.
 
Direktur Marketing Telkomsel, Alistair Johnston mengatakan, “LOOP Station memiliki banyak keseruan bagi LOOPers. Tidak hanya menjadi tempat untuk mengeksplorasi berbagai teknologi digital terbaru, namun LOOP Station juga dapat mengakomodir LOOPers di dalam menyalurkan berbagai aktivitasnya.”
 
“Kami sadar dengan begitu tingginya aktivitas para LOOPers, untuk itu kami merancang LOOP Station sebagai one stop solution, yaitu sebagai tempat untuk menyalurkan kreativitas yang sekaligus menunjang gaya hidup mereka.  Melihat animo yang tinggi terhadap brand LOOP, maka setelah LOOP Station Bandung dan Jakarta, kedepannya kami akan segera membuka LOOP Station di kota Surabaya dan Yogyakarta”, tambah Alistair.
 
Berkonsep Youth and Digital, LOOP Station memiliki nuansa desain yang fun, colorful, dinamis, atraktif dan technology driven, dihiasi dengan graffiti dan dilengkapi dengan banyak konten digital yang seru. LOOP Station terbagi menjadi beberapa zona, diantaranya Entertainment Zone yang menampilkan showcase untuk music, games, video, dance dan art.  Zona ini juga berfungsi sebagai experience area untuk layanan Digital Life Style Telkomsel dan New Digital Technology. Terdapat juga Hangout Zone yang berfungsi sebagai tempat LOOPers bersosialisasi dengan teman-temannya sambil menikmati mengakses wifi, mencoba layanan digital dan hiburan yang tersedia. LOOP Station in juga dilengkapi dengan Food & Beverage Zone yang menjaual makanan, minuman dan snack dengan harga yang terjangkau.
 
Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi para LOOPers, LOOP Station memiliki Sales Zone yang menawarkan berbagai produk Telkomsel berupa kartu perdana, voucher  prepaid, VAS & digital lifestyle serta device bundling 3G. Sedangkan untuk informasi, melayani permintaan, melayani keluhan pelanggan, dan menindaklanjuti permasalahan pelanggan, terdapat Service Zone dan Back End Service Zone
 
LOOP Station ini juga dilengkapi dengan @wifi.id Corner yang memberikan kecepatan akses wifi berkecepatan hingga 100 Mbps, dimana sebelumnya Corner ini telah hadir di lebih dari 3000 titik di seluruh Indonesia.
 
Tingkat pertumbuhan terhadap brand LOOP terlihat cukup signifikan sejak peluncurannya di awal tahun. Brand LOOP pun telah mendapatkan apresiasi dari market youth, dan awareness yang meningkat. Hal ini berkaitan dengan engagement program yang konsisten dilakukan dan telah sukses berjalan sejak awal tahun.  
 
Setelah sukses menggelar One Million Dreams Concert di 10 kota secara serentak dengan metode live streaming, dan kompetisi mini soccer LOOP Soccer FunFest, kini LOOP hadir kembali dengan program terbarunya yang dinamakan LOOP KePo (Kreatif Project). LOOP KePo merupakan suatu rangkaian kegiatan yang khusus diperuntukkan bagi LOOPers (sebutan pelanggan LOOP), yang mengangkat sisi edukasi, kreativitas, dan teknologi digital.

Telkomsel Sebagai Most Favourite Netizen and Youth Brand 2014

Youth Netizen Award 2014: Telkomsel diwakilkan oleh Vice President Prepaid & Broadband Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani (tengah) menerima 2 (dua) penghargaan sekaligus, di acara Marketeers Award 2014 yang digelar di HotelRitz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (23/10).  Telkomsel mendapat penghargaaan sebagai “INDONESIA’S MOST FAVORITE NETIZEN BRAND 2014” untuk kategori Internet Service Provider, dan “INDONESIA’S MOST FAVORITE YOUTH BRAND 2014” untuk kategori Cellular Operator.


Jakarta, 23 October 2014 – Telkomsel meraih 2 (dua) penghargaan sekaligus di acara Marketeers Award 2014 yang digelar di Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Rabu (23/10). Telkomsel mendapat penghargaan sebagai “INDONESIA’S MOST FAVORITE NETIZEN BRAND 2014” untuk kategori Internet Service Provider, dan “INDONESIA’S MOST FAVORITE YOUTH BRAND 2014” untuk kategori Cellular Operator yang dilakukan oleh Majalah Marketeers bekerjasama dengan lembaga riset MarkPlus Insight.
 
Vice President Prepaid and Broadband Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan, “Kami menyambut baik penghargaan yang diberikan, karena hal ini mencerminkan bahwa Telkomsel merupakan brand pilihan Youth dan Netizen yang merupakan pengguna aktif berbagai layanan digital. Hal ini pun sesuai dengan upaya kami untuk mewujudkan visi sebagai penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya. Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaannya, hal ini sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk memberikan layanan yang terbaikbagi Youth dan Netizen di Indonesia.”
 
Untuk mewujudkan visinya menjadi Digital Company, Telkomsel terus fokus untuk membangun layanan data dan Youth. Selama semester I/2014, Telkomsel telah mengalami kenaikan trafik data hingga 147% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2013. Hal ini diantaranya disebabkan oleh semakin bertambahnya pula pengguna smarthphone di Indonesia (naik 56,8 % dibandingkan semester I/2013). Hingga semester I/2014 jumlah pelanggan data Telkomsel mencapai lebih dari 63 juta atau tumbuh 22,3% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
 
“Kami memprediksi akan terjadi kenaikan yang signifikan pada mobile Internet dalam beberapa tahun ke depan. Untuk itu kami terus mengembangkan layanan data yang kami tawarkan kepada pelanggan, sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam menghadirkan internet yang cepat dan stabil, kami pun didukung lebih dari 80,000 BTS yang tersebar hingga ke pelosok, sehingga pelanggan dapat menikmati layanan data Telkomsel, dimanapun dan kapanpun,” ungkap Ririn.
 
Di sisi Youth, Telkomsel terus aktif menggarap pasar ini, yang ditandai dengan peluncuran brand LOOP di awal tahun yang khusus diperuntukkan bagi remaja berusia 12-19 tahun. “Tingkat pertumbuhan terhadap brand LOOP terlihat cukup signifikan sejak peluncurannya di awal tahun. Brand LOOP telah mendapatkan apresiasi dari market youth, dan awareness yang meningkat terhadap brand bisa terlihat dari engagement program yang telah sukses berjalan, dimana terdapat atensi yang cukup tinggi di digital media terkait program-program engagement tersebut.” Ungkap Ririn.
 
Setelah sukses menggelar One Million Dreams Concert di 10 kota secara serentak dengan metode live streaming, dan kompetisi mini soccer LOOP Soccer FunFest, kini LOOP hadir kembali dengan program terbarunya yang dinamakan LOOP KePo (Kreatif Project). LOOP KePo merupakan suatu rangkaian kegiatan yang khusus diperuntukkan bagi LOOPers (sebutan pelanggan LOOP), yang mengangkat sisi edukasi, kreativitas, dan teknologi digital.
 
 
Indonesia’s Most Favorite Netizen Brand dan Indonesia’s Most Favorite Youth Brand
Indonesia’s Most Favorite Netizen Brand  dan Indonesia’s Most Favorite Youth Brand merupakan penghargaan yang diberikan berdasarkan hasil riset yang dilakukanoleh MarkPlus Insight, yang mengupas “Anxieties & Desires” netizen dan youth serta brand-brand yang biasa mereka gunakan. Penelitian yang sudah berjalan, dilakukan secara multi-stage random sampling terhadap 3.642 responden pengguna internet dengan usia 15-59 tahun untuk netizen dan 15-30 tahun utkyouth, SES A-B-C, di 18 kota besar Indonesia (Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogja, Solo, Denpasar, Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Makassar, Manado dan Jayapura) yang dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2014.
 
Youth dan Netizen merupakan entitas yang sangat penting di era konektivitas. Netizen bisa menjadi “ultimate advocater” atau “ultimate hater” dari brand-brand yang mereka gunakan, yang tentunya pengaruhnya akan jauh lebih dikuatkan ketika informasi tersebut di-share dengan teman-temannya. Netizenadalah kunci dalam viral marketing dewasa ini.

Pertemuan Telkomsel dengan Pendiri Facebook

Telkomsel & Facebook: Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga (kedua dari kanan) berkesempatan untuk bertemu dengan Chairman & CEO Facebook, Mark Zuckerberg (tengah) didampingi oleh Direktur Marketing Telkomsel, Alistair Johnson (kedua dari kiri), Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Edward Ying (paling kanan) dan Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu (paling kiri). Pertemuan tersebut selain membahas berbagai kerjasama yang sudah terjalin  selama ini antara Facebook dengan Telkomsel, juga menjajaki kolaborasi yang lebih kuat  di masa mendatang untuk meningkatkan penggunaan Internet di Indonesia yang saat ini mencapai 82 juta pengguna.