Tuesday, December 9, 2014

PERTAMA DI INDONESIA! Telkomsel Luncurkan Layanan Komersial Mobile 4G LTE Hadirnya Telkomsel 4G LTE Mendorong Terbentuknya Masyarakat Digital Indonesia

4G: Rudiantara, Menteri Komunikasi & Informatika (tengah) bersama Alex J Sinaga, Direktur Utama Telkomsel (kedua dari kanan), M. Budi Setiawan , Dirjend SDPPI Postel Kemkominfo (paling kanan), Indra Utoyo, Plt. Direktur Utama Telkom (kedua dari kiri), Mas'ud Khamid, Direktur Sales Telkomsel (paling kiri) saat peluncuran Layanan Komersial Mobile 4G LTE Telkomsel yang pertama di Indonesia, Senin (08/12) di Jakarta.  Hadirnya teknologi selular generasi keempat ini menempatkan Indonesia sejajar dengan negara-negara lainnya di dunia yang telah mengadopsi 4G dansekaligus merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia akan mobile broadband yang terus meningkat.


Jakarta, 8 Desember 2014 – Telkomsel meluncurkan secara resmi layanan komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia hari ini.Hadirnya teknologi selular generasi keempat ini menempatkan Indonesia sejajar dengan negara-negara lainnya di dunia yang telah mengadopsi 4G dan sekaligus merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia akan mobile broadband yang terus meningkat.

Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga mengatakan, “Setelah sukses melakukan serangkaian uji coba 4G LTE sejak tahun 2010, termasuk yang terakhir dilakukan di Bali pada ajang KTT APEC 2013, kini kami menghadirkan layanan mobile 4G LTE pertama di Indonesia secara komersial, yang benar-benar bisa dinikmati masyarakat. Layanan ini akan memberikan pengalaman digital lifestyleyang terbaik, dimana saat ini semakin banyak pelanggan yang mengakses rich content melalui smartphone-nya.”

Lebih lanjut Alex menjelaskan bahwa hadirnya Telkomsel 4G LTE diharapkan akan mampu mengakselerasi pertumbuhan Indonesia di berbagai bidang, sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia di era yang baru ini. Ketersediaan 4G LTE bagi Indonesia dapat membuka dan mempercepat akses terhadap lebih banyak lagi informasi sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia, membentuk gaya hidup digital di tanah air dan mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia.

Layanan 4G LTE dipercaya akan memberikan pelanggan kepuasan tersendiri di dalam menikmati berbagai aktivitas yang erat dengandigital lifestyle seperti akses video streaming dan musik dengan kualitas yang lebih baik dan waktu tunggu yang lebih cepat, serta menikmati game online tanpa adanya delay dengan kualitas gambar HD (High Definition). Selain itu download/upload file juga dapat dilakukan lebih cepat, melakukan video conference dengan kualitas koneksi dan gambar yang lebih jernih, dan mengakses data di cloud dengan lebih cepat.


Layanan Telkomsel 4G LTE
Layanan Telkomsel 4G LTE digelar di frekuensi 900MHz dengan lebar pita sebesar 5 MHz, yang memiliki kecepatan data accessmencapai 36 Mbps. Frekuensi 900MHz memiliki daya pancar yang lebih besar, sehingga penetrasi sinyal Telkomsel 4G LTE akan dapat menjangkau sampai ke dalam gedung/rumah untuk area perkotaan dan menjangkau area yang jauh untuk di luar perkotaan.

Untuk tahap awal, dengan lebih dari 200 BTS 4G di Jakarta dan Bali, pelanggan akan dapat menikmati layanan Telkomsel 4G LTE di 200-an lokasi yang telah diidentifikasi sebagai lokasi high data traffic di Jakarta dan Bali. Di Jakarta, Telkomsel 4G LTE didukung oleh jaringan yang beroperasi secara outdoor yang meliputi beberapa area di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur antara lain Bandara Sukarno Hatta, Area Sudirman,  Semanggi,  SCBD, Tanah Abang,  Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Blok M. Sedangkan untuk jaringan yang beroperasi secara indoor tersebar di 43 titik prominent high data traffic area seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, GraPARI Telkomsel, termasuk di dalamnya Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia, Kota Kasablanka dan lainnya.

Sedangkan di Bali, jaringan outdoor Telkomsel 4G LTE mencakup sekitar 90% wilayah kota Denpasar yaitu di kawasan Bisnis Teuku Umar, Imam Bonjol dan Sanur serta 80% wilayah kabupaten Badung meliputi kawasan Kuta, Legian, Nusa Dua, Jimbaran, kawasan GWK hingga sebagian kawasan Uluwatu. Untuk jaringan indoor terdapat di kawasan bandara Ngurah Rai, Mal Bali Galeria, Discovery Mall, Beach Walk dan Mall Kutabex. Layanan Telkomsel 4G LTE juga dapat dinikmati di GraPARI Kutabex dan GraPARI Telkomsel di Jalan Diponegoro.

Sementara itu, untuk memberikan konsistensi pengalaman 4G LTE terbaik bagi pelanggan melalui seamless experience, Telkomsel bersinergi dengan Telkom menggelar WiFi dengan teknologi 802.11n (setara 4G) untuk melengkapi coverage Telkomsel 4G LTE, terutama yang berada di indoor. Telkomsel 4G LTE juga seamless dengan Telkomsel 3G sehingga apabila pelanggan keluar daricoverage 4G LTE, maka layanan tidak akan terputus dan secara otomatis akan dilayani dengan coverage Telkomsel 3G.  Adapun untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai lokasi-lokasi yang telah dilayani oleh jaringan 4G LTE, Telkomsel membuat peta interaktif yang dapat dilihat di microsite www.telkomsel.com/4G-LTE.  

 “Ke depannya secara bertahap akan kami kembangkan ke berbagai lokasi khususnya di kota-kota besar lainnya. Hingga 2019 kami berencana meluaskan layanan 4G LTE hingga ke 22 propinsi di seluruh Indonesia sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat menikmati layanan ini”, ungkap Alex.

Untuk memastikan ketersediaan ponsel 4G LTE, Telkomsel menggandeng vendor ponsel Samsung sebagai mitra strategis 4G LTE, juga LG Mobile, Microsoft dan HTC serta berbagai vendor lokal lainnya. Telkomsel juga akan menghadirkan serangkaian program promo untuk pelanggan yang berlangsung di GraPARI dan secara khusus di event Telkomsel 4G LTE Sales Exhibition pada tanggal 19-21 Desember 2014 di ‘The Space’ Senayan City.

“Telkomsel bersama-sama dengan semua anak usaha dalam naungan Telkom Group, akan terus berinovasi dalam layanan dan teknologi untuk membangun dan memperkaya ekosistem digital Indonesia demi mengakselerasi terciptanya masyarakat digital Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya kami untuk mengembangkan ekosistem digital di Indonesia melalui konsep DNA ekosistem yang memadukan kolaborasi antara Device, Network dan Applications. Kami juga akan terus bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mendorong agar ekosistem 4G LTE di tanah air semakin lengkap dan dapat dinikmati oleh lebih banyak masyarakat”, tambah Alex.


Cara Berlangganan dan Berbagai Kelebihan Telkomsel 4G LTE
Agar dapat segera menikmati layanan Telkomsel 4G LTE, pelanggan harus menggunakan ponsel yang sudah mendukung layanan 4G dengan memakai simcard 4G LTE yang disebut USIM (USIM merupakan simcard khusus dengan teknologi terkini untuk mendukung pengalaman akses berkecepatan tinggi).

Pelanggan Telkomsel yang ponselnya sudah mendukung layanan 4G, baik pascabayar (kartuHalo) maupun prbayar (simPARI, KartuAs, dan LOOP) cukup menukarkan simcard mereka dengan USIM secara gratis tanpa harus mengubah nomor yang mereka miliki saat ini dengan pilihan datang ke GraPARI atau meminta untuk dikirim ke rumah. Pelanggan yang saat ini ponselnya sudah mendukung layanan 4G LTE akan mendapatkan SMS untuk menentukan pilihan tersebut. Sedangkan bagi pelanggan baru yang telah memiliki ponsel 4G LTE bisa mendapatkan USIM di seluruh GraPARI Telkomsel di Jakarta & Bali.

Kelebihan dari layanan Telkomsel 4G LTE ialah bahwa pelanggan yang saat ini telah memiliki paket data Telkomsel, dapat melanjutkan penggunaan paket tersebut tanpa tambahan biaya untuk menikmati 4G LTE. Untuk menikmati layanan content 4G LTE, pelanggan cukup mengakses aplikasi MyTelkomsel.

Untuk mendapatkan ponsel 4G LTE, Telkomsel bekerjasama dengan mitra penyedia ponsel menawarkan program bundling 4G LTE dengan penawaran cashback hingga 2 (dua) juta rupiah dan bonus hadiah senilai lebih dari 2 (dua) juta rupiah (syarat dan ketentuan berlaku, hingga 31 Januari selama persediaan masih ada) ditambah GRATIS kartu perdana USIM simPATI yang bisa didapatkan pelanggan di GraPARI Telkomsel di Jakarta, dan selanjutnya di Bali (mulai 15 Desember 2014).  
    
Bagi pelanggan Telkomsel 4G LTE disediakan konten Disney movie sebagai bagian dari layanan Telkomsel 4G LTE (Telkomsel menjalin kerjasama dengan Disney sehingga konten Disney hanya bisa dinikmati di jaringan 4G LTE Telkomsel) yang bisa dinikmati dari aplikasi Moovigo (Aplikasi Telkomsel Moovigo dapat diunduh dari Google play store atau dengan menghubungi *500*90#). Selain itu kelebihan lainnya dari layanan Telkomsel 4G LTE diantaranya pelanggan tidak perlu khawatir terhadap ‘Bill Shock’ karena 4G telah menghadirkan landing page sebagai kontrol untuk penggunaan data service.

Telkomsel juga menjalin kerjasama bilateral untuk 4G LTE roaming dengan Bridge Alliance partners, yaitu SingTel (Singapura), Optus (Australia) dan Maxis (Malaysia). Dengan kerjasama ini, para pelanggan Telkomsel yang bepergian ke tiga negara tersebut,  akan dapat menikmati seamless 4G LTE data roaming. Demikian juga sebaliknya.  Ke depannya Telkomsel  bersama Telkom Group akan memperluas layanan roaming  internasional ini baik untuk  berbagai jenis layanan maupun cakupan mitra operator di negara lainnya.

“Pelanggan kami banyak yang melakukan perjalanan ke Singapura, Malaysia dan Australia baik untuk bisnis maupun liburan, khususnya disaat akhir tahun. Demikian juga sebaliknya.  Kami ingin memastikan para pelanggan untuk mendapatkan pengalamanan mobile internet terbaik dengan akses tercepat ketika berada di luar negeri. Ke depannya, para pelanggan 4G LTE Telkomsel akan dapat menikmati layanan roaming yang lebih baik dan lebih luas, seiring dengan upaya kami untuk memperluas layanan ini ke berbagai negara lain seperti Korea Selatan, Hong Kong, Jepang, Arab Saudi dan lainnya”, tutup Alex.  

Untuk kebutuhan informasi masyarakat akan layanan 4G LTE, Telkomsel telah memastikan kesiapan dari seluruh customer serviceyang berada di call centre, GraPARI Jakarta dan Bali serta akun twitter @Telkomsel dan akun facebook Telkomsel. Sedangkan untuk kemudahan dalam mengakses informasi secara lengkap mengenai 4G LTE, pelanggan dapat mengakses micrositewww.telkomsel.com/4G-LTE atau hubungi 133 untuk Kartu Halo dan 188 untuk SimPATI, Kartu As dan LOOP.

0 comments:

Post a Comment