Wednesday, February 9, 2011

Telkomsel Raih 4 Top Brand Award 2011


Bandung, 8 Februari 2011

Telkomsel meraih sekaligus 4 penghargaan Top Brand 2011, di mana kedua produk SIM Card, yakni simPATI (prabayar) dan kartuHALO (paskabayar) telah meraih pengakuan sebagai yang terbaik selama dua belas kali berturut-turut. Telkomsel juga memperoleh penghargaan kategori Internet Service Provider untuk layanan Telkomsel Flash dan kategori penyedia layanan BlackBerry.

Penghargaan Top Brand 2011 didasarkan pada hasil survei lembaga survei independen Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing terhadap ratusan merek dari berbagai kategori industri. Survei dalam skala nasional dilakukan untuk mengevaluasi kinerja merek berdasarkan tiga parameter, yakni: mind share, market share, dan commitment share untuk kemudian diperoleh indikator kekuatan merek yang disebut Top Brand Index (TBI).

Survei Top Brand 2011 dilakukan terhadap 3.600 responden yang tersebar di enam kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Para responden tersebut terdiri dari berbagai lapisan masyarakat berusia 15 hingga 65 tahun dengan tingkat sosial ekonomi A hingga E.

Produk-produk Telkomsel berhasil memperoleh TBI tertinggi dari indeks produk sejenis yang beredar di pasar. Untuk kategori SIM Card Prabayar, nilai TBI simPATI 48%. Sementara untuk kategori SIM Card Paskabayar, nilai TBI kartuHALO 66,2%. Telkomsel juga berhasil meraih penghargaan sebagai penyedia layanan mobile internet terbaik melalui layanan Telkomsel Flash dengan nilai TBI 26,3%. Sedangkan untuk kategori layanan BlackBerry, di mana tahun 2011 merupakan tahun pertama diikutsertakannya layanan tersebut ke dalam Top Brand Award, Telkomsel meraih nilai TBI 38,9%.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, “Penghargaan Top Brand untuk simPATI dan kartuHALO merupakan bukti kepercayaan masyarakat terhadap kualitas layanan komunikasi Telkomsel. Kami juga berterima kasih layanan Telkomsel Flash dan BlackBerry Telkomsel dipercaya untuk memenuhi kebutuhan mobile lifestyle di era layanan berbasis data saat ini.

simPATI  kini telah digunakan oleh sekitar 60 juta pelanggan, sedangkan pelanggan KartuHALO kini berjumlah sekitar 2 juta. Sementara itu layanan akses internet berkecepatan tinggi Telkomsel Flash telah digunakan oleh sekitar 4 juta pelanggan. Untuk layanan BlackBerry, Telkomsel kini dipercaya melayani lebih dari 1 juta pelanggan, yang mengukuhkan Telkomsel sebagai penyedia layanan BlackBerry dengan jumlah pelanggan terbanyak di Indonesia.

Sarwoto menambahkan bahwa tantangan yang dihadapi di tahun 2011 jauh lebih besar karena Telkomsel mulai mentransformasikan diri ke bisnis baru, yakni broadband. Di tahun 2011 Telkomsel akan mengekspansi kota broadband, di mana saat ini telah tersedia di 25 kota dan ditargetkan mampu menjangkau 40 kota di akhir tahun ini. Dengan demikian, di kota-kota tersebut akan tersedia jaringan dan layanan yang bisa terhubung dengan Telkomsel Flash maupun smartphone.

Chairman Frontier Consulting Group Handi Irawan menyatakan, “Telkomsel telah berhasil mengatur strategi merek produknya dengan menerapkan pemikiran strategis dalam membangun merek. Telkomsel melakukan pengembangan merek yang ada, baik dengan melakukan penambahan fitur maupun membuat produk baru dari merek yang ada.”

Penghargaan Top Brand Award ini melengkapi berbagai penghargaan yang telah diterima Telkomsel. Di tingkat nasional, Telkomsel secara berturut-turut juga berhasil mempertahankan Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) selama 11 tahun berturut-turut, Indonesia Best Brand Award (IBBA) selama 8 tahun, Service Quality Award (SQA) selama 5 tahun, dan Best Call Center Award selama 5 tahun. Bahkan di tingkat internasional, Telkomsel menjadi satu-satunya operator di Asia yang mampu mempertahankan gelar “Operator of The Year” selama 5 tahun berturut-turut di ajang Asian Mobile News Award.

0 comments:

Post a Comment