Thursday, October 27, 2011

Perkuat Layanan Transaksi Cashless, Telkomsel Gandeng Bank BJB


Telkomsel bekerjasama dengan Bank Jabar Banten Tbk dalam penyediaan jasa layanan seluler untuk aplikasi perbankan yang pada hari Rabu tanggal 12 Oktober 2011 telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di kantor pusat Bank Bjb jalan Naripan No 12-14 Bandung.
Bentuk kesepahaman yang dimaksud adalah jaminan penyediaan jaringan infrastruktur Telkomsel dan berbagai aspek layanan selular lainnya untuk inovasi layanan perbankan Bjb, salah satunya adalah mesin Elektronik Data Capture (EDC). Perangkat  EDC ini dapat dioperasikan dengan kartu Prepaid dan Postpaid Telkomsel, transport koneksinya bukan menggunakan SMS ataupun GPRS namun menggunakan media Unstructured Supplementary Service Data (USSD), sehingga dengan kekuatan signal 1 bar pun, transaksi tetap saja dapat berlangsung. Perangkat mobile EDC akan berfungsi sebagai mobile transaction terminal  dan transaksinya dapat di lakukan selama 24 jam dengan sedikitnya menggunakan 3 parties security layer, baik dari Telkomsel, Bank BJB maupun dari mitra PT Cyberport.
Head of Knowledge Management & Consulting Services Telkomsel Achmad Riza mengatakan,” Telkomsel memberikan layanan jaringan pada mesin Mobile EDC untuk aplikasi perbankan sehingga seluruh nasabah Bank bjb dapat dengan mudah melakukan transaksi diseluruh  wilayah cakupan jaringan Telkomsel yang sudah  menjangkau sekitar 97% wilayah populasi di Indonesia.”
“Dengan kerjasama ini, diharapkan Telkomsel akan berperan lebih besar dalam mendukung Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di seluruh jaringan layanan Bank BJB dari sisi infrastruktur dan layanan selular. Ke depan diharapkan layanan ini akan berfungsi sebagai Mobile ATM, yang akan memperb=mudah perbankan untuk menjaring nasabah yang berada pada remote area yang masih discover oleh Telkomsel.  
Bisnis metode pembayaran cashless, baik melalui transaksi mobile online dan dompet elektronik, dalam beberapa tahun terakhir cenderung meningkat. Hal ini karena metode transaksi tersebut memberikan banyak benefit dari sisi kemudahan, kecepatan, dan keamanan, terutama bagi masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi.
Layanan Telkomsel berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang sudah diluncurkarkan adalah T-Cash dan Tap-Izy. Seluruh pelanggan dapat dengan mudah melakukan pembayaran produk dan jasa dengan uang elektronik secara cepat dan mudah. Layanan ini sekaligus menjadi langkah nyata Telkomsel untuk mendukung program pemerintah melalui Bank Indonesia dalam upaya meningkatkan transaksi non tunai (cashless) dan mewujudkan less cash society di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment