Bandung, 04 April 2012
Dalam rangka memulai kampanye ‘Think Convergence’ yaitu kampanye untuk mensosialisasikan penerapan dan penggunaan layanan konvergensi menuju Indonesia Digital pada tahun 2014 sesuai dengan misi Kementrian Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO), Telkomsel - Telkom Group bekerjasama dengan Kementerian Kominfo, melaksanakan Eksebisi dan Diskusi Panel Layanan Konvergensi di Aula Pangeran Kuningan Graha Citra Caraka Telkom Jl Gatot Subroto Kav 52 Jakarta, dimana pada acara tersebut akan diperkenalkan salah satu layanan konvergensi yang sudah ada dalam bentuk Life LTE Video Conference yang ditinjau langsung oleh MENKOMINFO.
Hadir sebagai pembicara dalam diskusi panel tersebut antara lain Direktur Utama PT Telkomsel Sarwoto, Direktur IT & Suply PT Telkom Indra Utoyo, Staf Ahli Bidang Teknologi Kementerian Kominfo Kamullah Ramli serta perwakilan dari Masyarakat Telekomunikasi.
Acara ini bertujuan untuk membangun awareness dan menyamakan persepsi antara pengambil kebijakan, regulator pelaku industri dan masyarakat terhadap perlunya tatanan regulasi yang baru untuk mengantisipasi perkembangan industri telekomunikasi yang mulai menyatu dengan industri lainnya, diantaranya penyiaran serta informasi dan transaksi elektronik (Emerging Telco Market) namun dengan tetap mempertimbangkan adanya self regulatory industry untuk memudahkan penyelenggaraan layanan kepada masyarakat, selain tentunya memperkenalkan beberapa bentuk layanan konvergensi yang telah dan akan diselenggarakan oleh beberapa penyelenggara telekomunikasi, yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.
Sebagaimana telah dirumuskan dalam kebijakan Kementerian Kominfo, maka tahun 2012 ini adalah eranya dengan target Indonesia Connected 2012. Kemudian pada tahun berikutnya merupakan era yang ditandai dengan konvergensi dalam berbagai layanan ICT dan khususnya telekomunikasi, yang ditandai dengan adanya digitalisasi layanan dan penyelesaian regulasi yang terkait dengan konvergensi, " ujar Menteri Kominfo Tifatul Sembiring. Lebih lanjut dikatakannya, "Melalui pameran dan diskusi panel ini pemerintah ingin mensosialisasilkan berbagai layanan konvergensi yang ada, sehingga sounding awal ini memungkinkan masyarakat akan lebih aware bahwa era konvergensi yang saat ini sudah berlangsung dapat dimaknai secara lebih konkret manfaatnya.”
Pada eksebisi kali ini akan dilangsungkan DEMO LTE oleh Telkomsel, yaitu penayangan Video Teleconference yang akan disiarkan secara live video dan akan berlangsung selama 15 menit, antara Jakarta – RDC Telkom Bandung, dan UI Depok, yang akan dilakukan dan ditinjau langsung oleh MENKOMINFO.
LTE merupakan juga arsitektur jaringan berbasis Internet Protocol, dengan tingkat delay yang rendah (low-latency) dan jaminan Quality of Service (QoS) yang menghadirkan kualitas pengalaman pelanggan layanan data Telkomsel. Kecepatan download 150 Mbps dan upload 50 Mbps bisa dilayani oleh operator telekomunikasi yang dapat memiliki Bandwidth frekuensi sampai dengan 20MHz.
Melihat pertumbuhan total data usage Telkomsel yang diperkirakan akan meningkat 200% dari tahun sebelumnya dengan rata-rata konsumsi pengguna data per- subscribers akan meningkat lebih dari 140%, tentunya Telkomsel akan terus meningkatkan perfomansi network teknologi terbaru untuk memenuhi kebutuhan kecepatan akses data. Teknologi LTE, menjawab kebutuhan akan kecepatan koneksi internet mobile dengan kapasitas jaringan yang lebih tinggi.
Kecepatan akses pada jaringan Telkomsel secara otomatis juga akan mengoptimalkan layanan-layanan yang sudah ada seperti e-mail, internet browsing, dan MMS. LTE Smart Car menghadirkan seluruh layanan internet dalam sebuah perangkat mobile. LTE adalah pintu masuk untuk beragam layanan menarik. Sebut saja Voice Over IP, Multi-User Gaming Over IP, High Definition Video On Demand dan Live TV. Terlebih juga, LTE memberikan layanan-layanan real time yang memang alergi terhadap delay.
Menurut Tifatul, pemerintah saat ini melihat pelan-pelan penggunaan layanan konvergensi telah tumbuh dan tahun depan diprediksi akan mengalami lonjakan pertumbuhan yang sangat besar, mengingat kebutuhan pasar maupun lifestyle masyarakat Indonesia yang tengah berubah, sehingga saat ini orang memang sering mendengarkan istilah konvergensi tetapi masih belum banyak yang mengetahui apalagi mencoba layanan-Iayanan konvergensi. Pemerintah berharap kegiatan yang digagas Telkom Group ini dapat semakin mendekatkan layanan konvergensi kepada masyarakat sekaligus dapat menyukseskan program digitalisasi layanan ICT.
Kementerian Kominfo menaruh apresiasi pada PT Telkom Group yang telah mengambil inisiatif pada pameran dan diskusi panel "Think Convergence" ini, karena merupakan bukti keseriusan PT Telkom Group untuk memberikan layanan konvergensi kepada masyarakat melalui edukasi dan pemahaman kepada masyarakat mengenai apa itu teknologi konvergensi dan apa manfaat layanan tersebut, baik bagi keperluan bisnis, hiburan maupun pendidikan. Beberapa produk dan layanan yang terkait dengan teknologi konvergensi PT Telkom Group akan dihadirkan pada pameran dan diskusi panel konvergensi tersebut, seperti Groovia TV, Bandung Digital Valley, layanan musik digital Melon, plasa.com. Anak perusahaan Telkom, yakni Telkomsel akan menghadirkan layanan T-Cash, Location Based Advertising (LBA), Mobile Advertising dan Langit Musik.
0 comments:
Post a Comment