13 September 2010
Seperti yang diperkirakan bahwa trafik SMS (short message service) Telkomsel pada hari H Lebaran tahun ini mengalami lonjakan, yakni mencapai 809 juta SMS atau meningkat 11 persen dari jumlah SMS normal hari biasa sekitar 727 juta SMS per hari.
Peningkatan trafik di periode Lebaran yang paling menonjol dan sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun adalah peningkatan trafik SMS ucapan ”Selamat Idul Fitri” oleh pelanggan. Lonjakan trafik SMS tersebut telah diantisipasi Telkomsel dengan meningkatkan kapasitas SMS Center dari 60.000 SMS perdetik tahun lalu, menjadi sanggup memproses 80.000 SMS perdetik di Lebaran tahun ini.
Secara berturut-turut, trafik SMS paling tinggi terjadi pada H-1 Lebaran tanggal 9 September (809 juta), lalu Hari H Lebaran tanggal 10 September (758 juta). Tercatat 99,6 persen dari semua SMS yang dikirim pelanggan Telkomsel saat Idul Fitri sukses sampai di nomor penerima, di mana 85,37 persen di antaranya tiba dalam waktu tidak lebih dari 30 detik.
Menurut Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, “Berkat semua persiapan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang kami lakukan, tahun ini lalu lintas SMS di periode Lebaran terasa lancar sehingga pelanggan dapat mengirim SMS ucapannya dengan nyaman tanpa banyak terjadi keterlambatan. Begitu pula kenyamanan layanan suara dan data yang secara keseluruhan tetap terjaga.”
Selain SMS, peningkatan trafik juga terjadi pada layanan data yang mengalami lonjakan sebesar 26 persen menjadi 41 Tera Bytes dari trafik data 32 Tera Bytes pada hari normal. Sementara itu, penggunaan layanan komunikasi untuk menelepon mengalami penurunan, di mana trafik yang sukses dilayani 832 juta menit atau menurun 6 persen dibanding trafik suara di hari normal sekitar 884 juta menit.
Jika dibandingkan dengan Lebaran tahun 2009, trafik SMS pada Lebaran tahun ini meningkat 36 persen. Lonjakan tajam terjadi pada trafik layanan data yang meningkat 76 persen. Sementara trafik layanan suara menurun 12 persen dibandingkan trafik tahun lalu.
Pada Lebaran tahun ini, penggunaan layanan SMS tertinggi tercatat di wilayah Jabotabek dengan trafik mencapai 324 juta SMS. Sementara trafik suara tertinggi mencapai 145 juta menit terjadi di wilayah Sumalirja. Untuk layanan data, wilayah Jabotabek mencapai trafik tertinggi sebesar 9 Tera Bytes.
Secara umum tidak ada kendala berarti yang dialami Telkomsel dalam menghadirkan kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi pelanggan saat menyampaikan ucapan ”Mohon Maaf Lahir dan Batin” ketika Lebaran. Hal ini dikarenakan Telkomsel secara rutin melakukan kegiatan pengecekan jaringan untuk mempersiapkan lonjakan trafik komunikasi yang umumnya terjadi pada setiap Hari Raya Idul Fitri maupun Tahun Baru.
Berikut data trafik layanan Telkomsel pada Lebaran 2010:
Performansi Trafik Layanan Telkomsel pada Lebaran 2010
Layanan | Periode | ||
Lebaran 2009 | Hari Normal 2010 | Lebaran 2010 | |
SMS | 600 juta SMS | 727 juta SMS | 809 juta SMS |
MMS | 530.000 MMS | 854.000 MMS | 1.030.000 MMS |
Suara | 957 juta menit | 884 juta menit | 832 juta menit |
Data | 23 Tera Bytes | 32 Tera Bytes | 41 Tera Bytes |
Isi Ulang Pulsa | 14 juta transaksi | 11 juta transaksi | 16 juta transaksi |
Peningkatan Trafik Layanan Telkomsel pada Lebaran 2010
Layanan | Perbandingan dengan Lebaran 2009 | Perbandingan dengan Hari Normal 2010 |
SMS | 36% | 11% |
MMS | 94% | 20% |
Suara | -12% | -6% |
Data | 76% | 26% |
Isi Ulang Pulsa | 13% | 50% |
Performansi Tingkat Kesuksesan Layanan Telkomsel pada Lebaran 2010
Layanan | Performansi |
SMS (Global Delivery Rate) | 99,6% |
SMS (Delivery 30”) | 85,37% |
MMS Success Rate | 81,93% |
Suara (Call Success Rate) | 94,06% |
Suara (Call Completion Rate) | 98,78% |
Data Success Rate | 99,95% |
Isi Ulang Pulsa (Recharge Success Rate) | 99,3% |
0 comments:
Post a Comment