Friday, May 27, 2011

16 Tahun Telkomsel Berkibar, Terbukti Paling di Percaya

Bandung, 26 Mei 2011

Sejak 26 Mei 1995 hingga kini Telkomsel berkibar di tanah air sebagai pemimpin pasar seluler. Pencapaian 100 juta lebih pelanggan menjadikan Telkomsel sebagai operator terbesar ke tujuh di dunia untuk single operator dalam satu negara.

Kini di usia 16 Tahun, Telkomsel telah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan baik dari sisi pelayanan maupun kualitas jaringan. Meski kompetisi memperebutkan dan mempertahankan pelanggan semakin ketat, tak ada pilihan lain bagi Telkomsel untuk terus menerapkan strategi bertumbuh di medan pertempuran yang semakin sengit, sembari mempertahankan momentum pasar, terutama dari Mobile Broadband, Value Added Service, serta New Business sebagai landasan cash flow baru di masa depan. Inilah saatnya Telkomsel masuk ke era layanan beyond telecommunication.

Kilas balik Telkomsel
1995
• Telkomsel Berdiri
Secara resmi Telkomsel mendapat izin untuk menyediakan jasa telekomunikasi selular GSM. Panggilan pertama oleh Bapak BJ Habibie yang saat itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi RI dari Batam, menandai awal berdirinya TELKOMSEL dan sekaligus tongkak perkembangan baru dalam dunia Telekomunikasi Selular.

1996
• Telkomsel Layani Seluruh Provinsi di Indonesia
Telkomsel mulai beroperasi di ibukota Jakarta dan berhasil melayani seluruh provinsi di Indonesia
• Telkomsel Terapkan Sistem Open Distribution Channel
Dalam upaya memperluas pasar selular GSM, Telkomsel menerapkan sistem open distribution channel, yakni menyerahkan mekanisme penjualan ponsel ke pasar dengan harapan ponsel mudah didapat dengan harga yang semakin terjangkau

1997
• simPATI Pelopor Kartu Prabayar di Asia
Telkomsel meluncurkan simPATI yang merupakan kartu prabayar isi ulang pertama di Asia

2000
• Telkomsel Pelopor Layanan Mobile Banking di Indonesia
Telkomsel memelopori layanan mobile banking di Indonesia bekerjasama dengan Bank Panin, yang merupakan inovasi Telkomsel dalam mengintegrasikan sistem teknologi informasi dan komunikasi dengan sistem perbankan



2001
• Telkomsel Operasikan GSM Dualband
Telkomsel merupakan operator selular pertama di Indonesia yang mengoperasikan GSM Dualband di frekuensi 900 & 1.800 MHz yang menjadi modal penting dalam melayani daerah padat trafik dan memberikan layanan nilai tambah berbasis data

2002
• Telkomsel Implementasi Teknologi GPRS
Telkomsel mengimplementasikan teknologi 2,5G dengan meluncurkan layanan berbasis General Packet Radio Services (GPRS), didahului peluncuran Telkomsel Mobile Data Service (TMDS) berbasis WAP, web, dan SMS

2003
• Layanan Roaming Internasional Pertama di Indonesia
Telkomsel meluncurkan layanan roaming internasional bagi pelanggan prabayar pertama di Indonesia

2004
• Telkomsel Implementasi Teknologi EDGE
Telkomsel mengimplementasikan teknologi Enhanced Data Rate for GSM Evolution (EDGE) yang merupakan roadmap teknologi selular selanjutnya setelah GPRS
• Telkomsel Pendiri Bridge Alliance
Bersama para operator selular terkemuka di Asia Pasifik, Telkomsel mendirikan aliansi bernama Bridge Alliance
• Telkomsel Luncurkan Layanan NSP
Telkomsel menyediakan layanan Nada Sambung Pribadi (NSP), di mana pelanggan dapat mengganti nada sambung bagi penelepon yang menghubunginya dengan penggalan lagu pilihannya sendiri.

2005
• ISO 9001:2000 untuk Call Center Telkomsel
Call Center Telkomsel meraih sertifikasi bertaraf internasional ISO 9001:2000

2006
• Telkomsel Pelopor Layanan 3G di Indonesia
Telkomsel merupakan operator selular pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan 3G

2007
• Telkomsel Luncurkan TELKOMSELFlash
Layanan inovasi layanan mobile broadband berbasis teknologi HSDPA yang mampu mengakses internet berkecepatan tinggi hingga mencapai 7,2 Mbps
• Layanan Mobile Wallet Pertama di Indonesia
Telkomsel memelopori kehadiran layanan mobile wallet pertama di Indonesia bernama T-Cash, di mana ponsel pelanggan dapat berfungsi layaknya dompet penyimpanan uang (digital cash) yang siap digunakan untuk bertransaksi secara mudah, cepat, dan aman

2008
• Layanan BlackBerry Pertama di Asia
Telkomsel meluncurkan paket BlackBerry Internet Service (BIS) prabayar pertama di Asia dengan metode self provisioning, yakni aktivasi melalui SMS
• Telkomsel Merah Putih Layani Jalur Laut Pelni
Telkomsel dan Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) bekerjasama menerapkan inovasi solusi komunikasi di jalur transportasi laut, menandai untuk pertama kalinya di Indonesia bahkan di dunia diimplementasikannya inovasi teknologi GSM berbasis IP berkonsep “Remote Solution System” sebagai solusi layanan komunikasi dan informasi di daerah terpencil dan wilayah laut
• Telkomsel Layani Desa Terpencil
Telkomsel menggelar program Telkomsel Merah Putih (Menembus Daerah Pedesaan, Industri Terpencil, dan Bahari) di Desa Balabalakan (antara Sulawesi dan Kalimantan), menandai komitmen Telkomsel untuk menghadirkan layanan komunikasi di pulau dan desa terpencil
• Telkomsel Luncurkan T-Remittance di Hongkong
Telkomsel meluncurkan inovasi layanan konvergensi layanan selular dengan perbankan bernama T-Remittance yang memungkinkan para tenaga kerja Indonesia di luar negeri bisa melakukan transfer uang ke keluarganya di Indonesia secara mudah, cepat, aman, dan efisien
• Telkomsel Terapkan Hydro Fuel Cell Pertama di Asia
Telkomsel menciptakan inovasi teknologi Hydro Fuel Cell pertama di Asia yang diharapkan menjadi solusi keterbatasan pasokan listrik di Indonesia sekaligus menerapkan teknologi ramah lingkungan yang mudah dan murah

2009
• Telkomsel Luncurkan Proyek Next Generation Flash
Seiring penambahan frekuensi 3G dan kesiapan jaringan Telkomsel dalam memandu industri selular memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel meluncurkan proyek Next Generation Flash yang merupakan proyek peningkatan teknologi jaringan Telkomsel dari sebelumnya HSDPA 7,2 Mbps ke teknologi HSPA+, di mana teknologi wireless broadband ini mampu menghadirkan kecepatan akses data hingga 21 Mbps
• Telkomsel Resmi Operasikan Desa Berdering
Telkomsel secara resmi mengoperasikan desa berdering dalam program Universal Service Obligation (USO) dengan melakukan penggelaran layanan akses telekomunikasi dan informatika di sekitar 25.000 desa

2010
• Telkomsel Luncurkan Layanan LangitMusik
Telkomsel meluncurkan layanan musik digital yang diberi nama LangitMusik, di mana pelanggan dapat mengunduh serta memainkan lagu utuh (full track) secara resmi langsung di ponsel
• Telkomsel Luncurkan Layanan Mobile Advertising
Telkomsel meluncurkan Mobile Advertising, yakni layanan pengiriman pesan komersial dalam bentuk iklan kepada pelanggan Telkomsel yang mampu memfasilitasi seluruh industri dengan menyediakan solusi baru untuk beriklan secara masif dan tepat sasaran
• Uji Coba Teknologi LTE Pertama di Indonesia
Telkomsel merintis kerjasama riset dengan 3 perguruan tinggi, yakni ITB, UI, dan IT-Telkom dan 4 mitra penyedia jaringan telekomunikasi, yakni Huawei, Ericsson, NSN, dan ZTE untuk menguji coba kesiapan teknologi Long Term Evolution (LTE) pertama di Indonesia, menunjukkan keseriusan Telkomsel untuk selalu siap memandu industri telekomunikasi selular menghadapi perkembangan evolusi teknologi terkini

2011
• Telkomsel Layani 100 Juta Pelanggan
Telkomsel melayani 100 juta pelanggan selular di Indonesia, membuktikan Telkomsel sebagai operator selular paling dipercaya masyarakat Indonesia
Menandai peringatan ulang tahun ke-16 pada hari ini, Telkomsel mengukuhkan komitmen untuk melayani 100 juta pelanggannya dengan menghadirkan sinergi pelayanan pelanggan. Menggandeng PT Telkom, kini pelanggan Telkomsel dapat dilayani di 15 New Plasa Telkom di berbagai wilayah Indonesia. Dengan penambahan titik pelayanan tersebut, kini pelanggan Telkomsel dilayani lebih dari 1,3 juta titik pelayanan, menjadikan Telkomsel sebagai operator selular dengan titik pelayanan pelanggan terbanyak di Indonesia.


Rangkaian Kegiatan HUT -16 di Telkomsel Regional Jawa Barat

Dalam rangka HUT ke-16 Telkomsel Regional Jawa Barat mengawali acara Upgrade & Coaching Clinic Operating System (OS) Blackberry dan Layanan Broadband Non Stop 100 jam yang berlangsung di Bus Buzz Telkomsel yang berada di Plaza Dago jalan Ir H Juanda Bandung pada hari Rabu tanggal 25 Mei 2011 pukul 16.00 sampai dengan hari Minggu tanggal 29 Mei 2011. Acara ini merupakan upaya dalam pemecahan rekor MURI.

Pada tanggal 26 Mei 2011, dilakukan peringatan HUT ke-16 diseluruh lokasi kerja Telkomsel. Kegiatan ini merupakan bentuk syukur seluruh karyawan atas kemajuan perusahaan yang telah dicapai. Mendengarkan pidato Direktur Utama, doa bersama dan menyanyikan lagu hymne Telkomsel adalah bagian dari rangkaian upacara peringatan HUT.

Di hari yang sama kegiatan sosial penggalangan donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dilakukan di kantor Regional Jalan Soekarno Hatta no 707 Bandung. Masih banyak Program Corporate Social Responsibility lainnya yang akan dilakukan Telkomsel Regional Jawa Barat.

Program penjualan dan pengenalan produk kepada masyarakat digelar melalui event Customer Day 2011 yang akan berlangsung mulai tanggal 27 - 29 Mei 2011 di Atrium Bandung Indah Plaza.

Erick Noviantoro GM Sales & Customer Service Regional Jawa Barat mengatakan,” Di hari jadi Telkomsel yang ke-16 ini kami mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pelanggan yang telah setia menggunakan produk Telkomsel, dan yang terpenting lagi bahwa tidak akan ada artinya semua inovasi produk dan layanan yang kami kembangkan tanpa bantuan komunikasi publik oleh rekan-rekan media massa,’’.

Hubungan baik yang selama ini dibina Telkomsel dengan media massa adalah suatu hal yang harus dipertahankan. Apresiasi Telkomsel kepada media massa Jawa Barat di HUT ke 16 ini dengan mengadakan lomba foto dan karya tulis. Berbagai hadiah menarik disediakan dipuncak acara Customer day.

“Untuk mempertahankan market leader dan untuk tetap bertahan hidup di industry seluler yang semakin ketat persaingannya ini, keterampilan beradaptasi sangat penting karena industry telekomunikasi ini sangat dinamis. Tantangan terbesar Telkomsel adalah memenangkan kompetisi pada bisnis beyond telecommunication.” Ucap Bremono Indrodewo GM Network Operation Telkomsel Regional Jawa Barat.

“Kompetisi di era beyond ini, industri telekomunikasi bertransformasi memberikan layanan yang tidak hanya terbatas pada layanan dasar tetapi mengedepankan konvergensi ragam layanan new business. Untuk itu Telkomsel akan berganti peran dari infrastuktur provider menjadi platform provider,” tambah Bremono

Melalui seluruh elemen yang dimiliki Telkomsel, optimisme menghadirkan layanan terdepan dan terbaik untuk para pelanggan. Hal inilah yang terus dijaga dan dikembangkan karena seluruh elemen Telkomsel terdiri dari insan yang bekerja professional, mengedepankan kedekatan dengan pelanggan, memiliki integritas yang tinggi, dan selalu bersatu dan bekerja sama untuk melayani Indonesia. Dirgahayu TELKOMSEL……

0 comments:

Post a Comment