Tuesday, June 14, 2011

TELKOMSEL SUPPORT WORLD IPV6 DAY “ETHERNET CONFERENCE & EXHIBITION 2011 (WIDEX 2011)

Bandung, 8 Juni 2011

Telkomsel mendukung acara World IPv6 Day, Ethernet Workshop & Exhibition 2011 (WIDEX 2011) yang diselanggarakan oleh Telkom di Research and Development Centre Bandung. pada tanggal 7-9 Juni 2011.
Awal bulan Mei yang lalu Telkomsel mendapatkan kepercayaan dari Asia Pasific Network Information Center (APNIC) untuk mengelola 4 juta alamat Internet Protocol (IP) tambahan. Dengan penambahan kapasitas blok akses internet publik ini, Telkomsel kini mengelola 5,5 juta alamat IP, menjadikan Telkomsel penyedia layanan internet dengan kepemilikan IP versi 4 (IPv4) terbesar di Indonesia.
Sebagai gambaran, agar komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lain di internet komputer tersebut harus mempunyai alamat protocol di internet. Orang awam menyebutnya alamat IP. Alamat IP yang sekarang umum digunakan adalah IPv4 (IP versi 4) yang sudah muncul sejak awal internet lahir dan mulai distandarisasi pada tahun 1978.
Jumlah alamat IPv4 diprediksi akan habis tahun 2011, oleh karena itu diperlukan langkah antisipasi yaitu dengan mengadopsi IPv6. Versi 6 (enam) ini sudah digunakan secara ekstensif di banyak jaringan, namun belum pernah secara global diaktifkan.
Salah satu agenda dari World IPv6 Day ini adalah melakukan test flight content over IPv6 selama 24 jam. Kegiatan ini diharapkan dapat memperoleh sebuah pengalaman terkait isu potensial Internet Protocol (IP) dan mencari solusinya.
Dengan telah dilakukannya IPv6 test flight ini, maka Telkomsel akan mempersiapkan transisi pada sistem bersamaan dengan habisnya IPv4. Hal ini sangat diperlukan kareana Telkomsel dituntut dapat tetap menjaga kontinuitas bisnis dalam melayani 100 juta pelanggan lebih yang tersebar di seluruh Indonesia, mengedepankan layanan berbasis data

1 comments:

kotakberbemtukhati said...

My simPATI My Style ☺

Post a Comment