Monday, November 1, 2010

Hari Ke-3 Paska Bencana Alam di Mentawai dan Merapi COMBAT di Merapi dan Pico BTS di Mentawai Perkuat Jaringan Telkomsel


29 Oktober 2010

Pada hari ke-3 paska bencana meletusnya Gunung Merapi, Yogyakarta, dan bencana tsunami di Kepulauan Mentawai, Telkomsel mengerahkan Compact Mobile Base Transceiver (COMBAT) atau Base Transceiver Station (BTS) bergerak ke sekitar wilayah Gunung Merapi dan perangkat Pico BTS ke wilayah Sikakap, Kepulauan Mentawai, untuk menjaga performansi jaringan telekomunikasi paska bencana sekaligus mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik komunikasi.

Jaringan Telkomsel di kedua wilayah bencana telah beroperasi secara normal. Dengan beroperasinya seluruh 5 menara BTS Telkomsel di Kepulauan Mentawai dan 30 BTS di wilayah Gunung Merapi, kini coverage layanan Telkomsel menjangkau 100 persen di kedua wilayah bencana tersebut.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, ”Untuk mengantisipasi meningkatnya trafik komunikasi, Telkomsel mendatangkan COMBAT dan Pico BTS satelit VSAT. Perangkat pendukung ini ditempatkan di sekitar posko bantuan kemanusiaan dan pusat keramaian, di mana para relawan kemanusiaan biasa berkoordinasi untuk membantu para korban bencana.”

Paska terjadinya bencana, setiap harinya rata-rata lonjakan trafik komunikasi di sekitar Mentawai sebesar 80 persen, sedangkan trafik komunikasi di wilayah Merapi dan sekitarnya meningkat rata-rata 60 persen perhari. Kendati lonjakan trafik ini masih bisa diatasi oleh BTS yang ada, untuk menjaga performansi layanan, Telkomsel mendatangkan COMBAT dan Pico BTS ke lokasi bencana.

COMBAT yang mampu meningkatkan performansi perangkat power amplifier 3G hingga 2 kali lipat ini ditempatkan di Jl. Jend. Sudirman, Yogyakarta. Sementara Pico BTS, yang biasanya digunakan di daerah terpencil yang sulit dijangkau, dipasang di 2 posko di Sikakap, yakni di Kantor Kecamatan Sikakap dan Kantor PT Telkom Sikakap.

Untuk membantu kelancaran serta kenyamanan lalu lintas komunikasi seluruh pihak selama masa pemulihan kondisi paska bencana, Telkomsel menggratiskan layanan SMS ke semua operator. Layanan SMS gratis ini berlaku bagi seluruh pelanggan kartuHALO, simPATI, dan Kartu As yang sedang berada di kedua wilayah bencana tersebut.

Selain SMS gratis, Telkomsel menyediakan layanan telepon gratis, kartu perdana gratis, voucher isi ulang pulsa gratis, akses internet gratis, dan layanan charger ponsel gratis di posko-posko pelayanan. Di sekitar wilayah Gunung Merapi, Telkomsel telah menambah 1 posko pelayanan di Umbulharjo, melengkapi 6 posko yang telah berdiri sebelumnya, yakni: Posko Utama Pakem, Posko Kantor Desa Hargo Binangun, dan Posko SMP 2 Hargo Binangun di Yogyakarta, Posko Desa Keputraan di Klaten, serta Posko Balai Desa Tanjung dan Posko Balai Desa Dukun di Magelang. Sementara di Kepulauan Mentawai, posko pelayanan dipusatkan di 2 posko di Sikakap, yakni di Kantor Kecamatan Sikakap dan Kantor Telkom Sikakap.

Tim Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA) juga bergerak cepat mendirikan posko tanggap darurat di Umbulharjo dan Sikakap untuk menyediakan layanan kesehatan gratis berupa pemeriksaan kesehatan dan obat-obatan, termasuk bantuan selimut, sarung, handuk, pembalut wanita, dan lain-lain. Posko tanggap darurat tersebut juga berfungsi sebagai dapur umum yang menyediakan makanan dan minuman bagi para korban bencana.

Bagi pelanggan Telkomsel yang ingin memberikan sumbangan bagi para korban bencana alam di Mentawai dan Merapi, Telkomsel menyediakan layanan donasi melalui akses *811# atau SMS donasi, cukup ketik DONASI, lalu kirim ke 5000.

0 comments:

Post a Comment