15 November 2010
Dalam upaya menyediakan solusi layanan mobile lifestyle terdepan, Telkomsel meluncurkan layanan Ad@hand yang merupakan inovasi layanan mobile advertising berbasis lokasi untuk memudahkan pengiriman pesan komersial dalam bentuk iklan atau promosi langsung ke ponsel pelanggan.
Menurut General Manager Sales & Customer Service Regional Jawa Barat Erick Noviantoro “Pengiklan dan pemasar kini mulai melihat ponsel sebagai media komunikasi pemasaran yang tepat untuk mengedukasi calon pelanggan dengan beragam produk dan jasa yang mereka tawarkan. Memahami kebutuhan tersebut, kami menyediakan inovasi layanan Ad@hand sebagai solusi yang efektif untuk mengomunikasikan produk dan jasa yang ditawarkan ke lebih dari 94 juta pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia.”
Ad@hand merupakan inovasi layanan dengan sistem broadcasting advertising yang memungkinkan pengiklan menyasar secara tepat target pasarnya berdasarkan lokasi dengan memanfaatkan SMS dan MMS sebagai media penyampaian pesan. Melalui layanan Ad@hand, pengiklan bisa mendapatkan target pasar sesuai profil pelanggan, sehingga informasi iklan atau promosi yang diterima pelanggan sesuai kebutuhannya.
Keuntungan lainnya bagi pengiklan adalah target informasi iklan yang dikirimkan ke pelanggan lebih terukur karena didasarkan lokasi pelanggan. Segmentasi pengiklan yang melakukan broadcast iklan tidak terbatas pada pelanggan korporat, namun juga personal advertiser atau pengusaha kecil menengah. Lebih jauh lagi, pemanfaatan layanan ini akan menciptakan segmen bisnis baru, yakni mobile business, misalnya: petugas asuransi cukup standby di sebuah mall dan mengirimkan iklan penjualan asuransi untuk pengunjung mall tersebut.
Layanan Ad@hand tentunya juga sangat bermanfaat bagi pelanggan, di mana informasi mengenai promo atau diskon pembelian barang langsung diterima ketika pelanggan menjejakkan kakinya di lokasi yang telah ditentukan. Dengan sistem broadcasting advertising yang sudah di-customize, pelanggan akan tetap merasa nyaman ketika menerima informasi iklan.
Di samping Ad@hand, Telkomsel juga memperkenalkan layanan mobile advertising yang lain, yakni Mobile Coupon (MCoupon). Layanan ini memberikan fleksibilitas bagi pengiklan dan merchant untuk mempromosikan produk-produknya melalui kupon elektronik berupa image dalam layanan MMS. Dengan menggunakan layanan MCoupon, pengiklan tidak perlu lagi mencetak banyak kupon dan membagikannya ke masyarakat secara manual. Cukup dengan mengirimkan MMS, maka kupon tersebut dapat langsung sampai kepada pelanggan yang disasar di mana pun dan kapan pun dia berada.
MCoupon bisa digunakan pelanggan untuk membeli suatu produk dengan potongan harga sesuai dengan nilai yang tertera pada kupon tersebut. Layanan ini memudahkan pelanggan yang ingin menukarkan kupon, di mana kupon tersebut sudah tersimpan di dalam ponsel sehingga pelanggan tidak perlu membawa kupon dalam bentuk kartu atau kertas.
Saat ini kedua layanan Ad@hand dan MCoupon hanya bisa digunakan oleh pengiklan untuk mempromosikan produk dan jasanya kepada target pasar di Jakarta. Dalam waktu dekat, Telkomsel akan mengembangkan kedua layanan ini untuk digunakan di kota-kota besar lainnya, seperti: Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makassar.
Layanan Ad@hand dan MCoupon ini melengkapi ragam layanan mobile advertising yang telah dihadirkan Telkomsel hasil kerjasama dengan lebih dari 50 mitra media seller yang terdiri dari agensi periklanan dan content provider. Berbagai layanan tersebut, antara lain: SMS 2.0 (layanan SMS generasi terbaru yang memberikan nilai tambah dalam format tampilan SMS, seperti: background berwarna, teks berwarna, emoticon, dan konten gratis), Mobile Media (layanan konten media dengan kemampuan multi-format flexibility sehingga dapat mengakomodasi berbagai format Mobile Media yang dilengkapi dengan manajemen penjualan mobile advertising, manajemen konten media, manajemen pembaca, dan manajemen pengiklan), dan Mobile Newspaper (layanan untuk membaca koran melalui ponsel dalam bentuk MMS).
0 comments:
Post a Comment