Thursday, December 29, 2011

Ceremony Rel.99 Modernization From Monolithic to ATCA Technology Network Operation Regional Jawa Barat


Bandung, 20 Desember 2011

Network Operation Regional Jawa Barat merupakan satu-satunya yang sudah tidak menggunakan  Mobile Switching Center (MSC) Release 99 (R.99), seluruhnya sudah digantikan oleh system MSC Soft Switch (MSS) Release 4 (R.4)

Direktorat operasi   berperan dalam terjaminnya ketersediaan akses jaringan komunikasi, yang merupakan fungsi Core Business Telekomunikasi Selular. Sejak beroperasinya perusahaan kita Telkomsel pada tahun 1995, perangkat MSC yang dipergunakan adalah R.99. untuk meningkatkan kemampuan Telkomsel dalam berkompetisi di bisnis Telekomunikasi khususnya voice, dan memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan maka Divisi Circuit Switch Core Engineering Head Office Sub Direktorat  Core Network Transmission Engineering melakukan modernisasi perangkat menjadi R.4.

Bertempat di gedung TCC Dago Bandung, hari selasa tanggal 20 Desember 2011  dihadiri Direktur Operasi, para Vice President Direktorat Operasi dan  seluruh GM Network Operation Regional dilakukan acara ceremonial shutdown R99. Pada sambutanya Direktur Operasi Ng Kwon Kee mengatakan,” Dengan digantikannya perangkat R.99 menjadi R.4 yang memiliki system canggih dan mampu menambah daya tampung pelanggan, diharapakan semakin banyak kemajuan yang signifikan dalam melayani kebutuhan dan pemenuhan ekspektasi pelanggan.”

Pada kesempatan yang sama Hanang Setiohargo Vice President Core Network & Transmission Engineering mengatakan,” Regional Jawa Barat dan Regional Jabodetabek adalah dua Regional yang menjadi target utama program modernisasi MSC R.99. Hal ini dilakukan karena Jakarta dan Bandung merupakan tempat yang sering digelar event skala Nasional maupun Internasional. Dengan kerja sama, kerja keras dan kekompakan dari tim Network Regional Jawa Barat maka sejak 8 Desember 2011 coverage  Regional Jawa Barat sudah terbebas dari MSC R.99 dan menjadi Regional pertama yang menggunakan MSC R.4 secara keseluruhan.”

MSC R.4 menggunakan teknologi terbaru yaitu Advanced Telecommunications Computing Architecture (ATCA). Memberikan manfaat dalam penghematan tenaga listrik dan kapasitas ruangan. Sehingga diharapkan biaya operasional dapat diminimalis ditahun tahun berikutnya.
Selain itu dengan R4 proses perencanaan dan pengoperasian Core Network Telkomsel akan jauh lebih mudah dan efisien. Teknologi ini mendukung sistem pooling mobile switching server, pooling media gate way, Interface over IP ( A interface dan IuCS interface ) sehingga kapasitas network bisa dipakai secara bersama-sama (sharing capacity). Dengan besarnya kapasitas  yang disediakan R.4 ini maka redundancy Network  bisa diraih yang ditunjang oleh konektivitas over IP sehingga menciptakan Network dengan tingkat resiliency yang tinggi.  Diharapkan layanan pelanggan tetap akan terjaga dan terjamin kualitasnya walaupun terjadi gangguan atau outage pada salah satu Core Network Element.

0 comments:

Post a Comment