Monday, September 16, 2013

Jaga Nama Baik Bangsa, Telkomsel Menjadi Penyedia Utama Jaringan Selular di Sail Komodo 2013

Telkomsel Menjadi Penyedia Jaringan Selular Utama di Sail Komodo Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief (kanan) berbincang dengan Manager Network Service Branch Kupang Eddy Putra mengenai kesiapan jaringan Telkomsel menghadapi puncak acara Sail Komodo 2013 yang berlangsung di Pantai Pede, Labuan Bajo, NTT (14/9).
LABUAN BAJO, 14 September 2013 - Sebagai operator selular milik negara, Telkomsel ditunjuk Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemkominfo) sebagai penyedia jaringan selular utama di program Sail Komodo 2013. Seperti event-event sebelumnya yaitu Sail Bunaken, Banda, Wakatobi, Belitung, Morotai hingga Sail Komodo untuk tahun ini, Telkomsel berperan aktif mulai dari penguatan jaringan, menyediakan pusat layanan & informasi, USO (Universal  Service Obligation) atau desa berdering, melakukan publikasi dan promosi wisata sesuai tema.
Dalam hal penyediaan jaringan selular, Telkomsel telah jauh-jauh hari melipatgandakan kapasitas jaringan baik 2G maupun 3G di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Upaya ini bertujuan untuk menjamin kelancaran komunikasi pelanggan, masyarakat dan wisatawan manca negara saat berlangsungnya rangkaian program internasional Sail Komodo yang acaranya akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di Pulau Komodo dan Pantai Pede, Labuan Bajo, Jumat-Sabtu (13-14/9).
Penambahan kapasitas jaringan 2G dan 3G hingga dua kali lipat dilakukan pada 9 BTS 3G (Node B) di  area Labuan Bajo. Telkomsel juga memperkuat jaringan dengan mengerahkan compact mobile base transceiver (Combat) di 4 titik strategis Labuan Bajo yang menjadi lokasi utama acara. Selain itu  Telkomsel juga menggelar jaringan telekomunikasi di kapal cepat rudal (KCR-40) KRI Beladau-643 yang akan membawa Presiden RI menyeberang ke Pulau Komodo, Jumat (13/9).
Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief mengatakan, “Kami berupaya menjamin kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh pelanggan dan masyarakat serta wisatawan mancanegara yang ikut serta dalam rangkaian program Sail Komodo. Disamping penguatan jaringan, kami juga rutin melakukan drive test untuk memastikan kualitas jaringan di titik-titik strategis penyelenggaraan acara.”
Pada drive test di area Labuan Bajo, Telkomsel mengukur kekuatan sinyal 3G serta kualitas layanan data. Hasilnya memperlihatkan kekuatan sinyal Telkomsel secara umum sangat baik, dengan angka rata-rata Received Signal Code Power (RSCP)-75 dBm atau setara 4 bar sinyal di ponsel. Performansi layanan data secara umum juga baik, dimana kecepatan download dengan menggunakan jaringan 3G rata-rata mencapai 1,5 Mbps.
Telkomsel telah menggelar 30 BTS termasuk 14 Node B (BTS 3G) di Labuan Bajo untuk melayani kebutuhan komunikasi masyarakat dan wisatawan. “Kami berharap upaya penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan serta menyediakan fasilitas pusat layanan dan informasi yang kami lakukan in, dapat membantu suksesnya program Sail Komodo menjadi jembatan emas provinsi NTT sebagai destinasi utama pariwisata dunia,” ungkap Abdus Somad Arief yang akrab dipanggil ASA.
Selain memperkuat jaringan, untuk menyukseskan program wisata Sail Komodo, bulan Mei 2013 Telkomsel  telah meluncurkan kartu perdana khusus yaitu simPATI Sail Komodo. Masyarakat di Nusa Tenggara Timur dapat menikmati paket hemat Combo Mania siang dan malam dengan cara yang sangat mudah. Pelanggan simPATI Sail Komodo cukup mengisi ulang pulsa Rp 10.000, lalu menghubungi *999*777# mulai pukul 00:00 hingga pukul 16:59 untuk mendapatkan paket tersebut. Pelanggan akan langsung mendapatkan gratis nelpon 100 menit dan 50 SMS ke pelanggan simPATIKartu As, dan kartuHalo serta internetan 5 MB.
Dan bagi pelanggan yang mengaktifkan paket mulai pukul 17:00 hingga malam hari dapat menikmati paket serupa plus gratis 50 SMS tambahan ke sesama penggan Telkomsel. Selain Paket Combo Mania, pelanggan simPATI Sail Komodo juga dapat menikmati paket hemat internetan 500 MB selama 14 hari hanya dengan harga Rp 20.000. Tersedia pula layanan Nada Sambung Pribadi (NSP) dan beragam konten pariwisata via Kompas Travel, Koper Detikcom, Ransel Detikcom, dan SMS Translator untuk keperluan terjemahan bahasa. Seluruh layanan tersebut bisa diperoleh dengan menghubungi *999*777#.
Telkomsel juga membuka pelayanan dan menyediakan produk Telkomsel di titik-titik penyelenggaraan acara selama program Sail Komodo untuk memudahkan pelanggan dan masyarakat memperoleh kebutuhan komunikasinya.

Operasi Bhakti Kartika Jaya simPATI
Selain dukungan jaringan dan layanan di Sail Komodo, Telkomsel mendukung TNI Angkatan Darat dalam operasi Bhakti Kartika Jaya simPATI, yaitu kegiatan sosial dengan membangunkan rumah tinggal penduduk, homestay, mess guru dan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) sekolah di Pulau Kukusan, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). 
Telkomsel juga menyediakan paket hemat komunikasi, di mana komunitas anggota TNI Angkatan Darat dapat menggunakan layanan telepon dan SMS secara gratis selama 24 jam ke sesama anggota TNI Angkatan Darat. Telkomsel juga memberikan fasilitas penyebaran informasi edukasi kepada masyarakat melalui SMS.  Membantu TNI Angkatan Darat khususnya di wilayah NTT untuk membangun edukasi bela Negara melalui bidang telekomunikasi terutama kepada generasi muda. Membangun awareness penggunaan teknologi internet dengan produk Telkomsel untuk membantu operasi seluruh satuan TNI Angkatan Darat di wilayah NTT.
Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Danu Nawawi mengungkapkan, “TNI AD sangat menerima baik dukungan Telkomsel dalam kegiatan sosial Operasi Bhakti Jaya simPATI ini, bersinergi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, terutama di pulau-pulau terluar.”

==========

Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)
Telkomsel adalah operator selular terbesar di Indonesia dan nomor 6 terbesar di dunia dengan jumlah pelanggan mencapai 125 juta.  Untuk melayani pelanggannya yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk juga di daerah terpencil dan pulau terluar serta daerah perbatasan negara, Telkomsel telah menggelar 64.000 BTS. Dan Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE) dalam upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era mobile broadband.  Salah satu programnya adalah pengembangan jaringan broadband di 268 kota besar di Indonesia.  Untuk melayani kebutuhan pelanggan, Telkomsel menggelar call center 24 jam dan 410 pusat layanan GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia.

0 comments:

Post a Comment