Friday, January 24, 2014

Penutupan Posko Banjir: Telkomsel Layani 4.000 Korban Banjir

Penutupan Posko Banjir: Telkomsel Layani 4.000 Korban Banjir 

Menyusul situasi ibukota yang kian pulih dari bencana banjir serta kondisi air di beberapa tempat yang telah surut, kemarin (23/1) Telkomsel menutup Posko Kesehatan Peduli Banjir Kp Melayu dan Warakas yang telah beroperasi lima hari, (19 -23 Januari 2014). Selama periode tersebut Posko ini telah melayani sekitar 4.000 warga korban banjir lewat penyediaan pengobatan dan pemeriksaan medis gratis, ambulans, telepon dan charger ponsel gratis, serta water purifier.

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi mengatakan, "Pada hari pertama terjadinya banjir besar tanggal 18 Januari,  tim Telkomsel Area II bergerak cepat dengan membuka Posko untuk penanganan jaringan dan Posko penanggulangan bencana, dalam waktu beberapa jam Posko Peduli Banjir telah berdiri dan keesokan harinya bisa beroperasi penuh,”

“Kami membuka dua Posko Kesehatan sekaligus yakni di Kampung Melayu Jakarta Timur dan Warakas – Tanjung Priok Jakarta Utara, selain itu Telkomsel juga berpartisipasi di Posko Bersama KODAM di Karawang dan Posko bersama DINKES di Pamanukan,” lanjut Venus

GM Account Management Jabotabek Jabar Ceppy Djakaria yang di tunjuk sebagai Commander in Chief Posko Bencana Banjir menambahkan, “Setiap harinya rata-rata 400 - 500 orang mengunjungi dua posko ini, kami menyiapkan dokter jaga yang melayani 24 jam, demikian juga hal-nya sukarelawan yang terdiri dari manajemen Area disiagakan penuh terbagi dalam 4 shift. Rata-rata penyakit yang dialami oleh korban banjir adalah kutu air, demam, masuk angin dan batuk.”

“Telepon GRATIS  hadir dengan menggunakan GSM Home dan PSTN dari TELKOM yang tersebar di 4 titik utama yaitu Kampung Melayu, Warakas, Karawang dan Pamanukan. Di beberapa titik kami juga menyalurkan bantuan langsung berupa makanan dan minuman siap santap, makanan kering, selimut, makanan bayi, diapers dan lain-lain yang langsung diserahkan kepada Petugas Posko Banjir dilokasi masing-masing,” papar Ceppy

Tidak lupa Layanan Mobile GraPARI juga disediakan di lokasi untuk melayani pelanggan yang membutuhkan Top Up/Recharge dan juga Kartu Perdana.

”Terima kasih kepada rekan-rekan yang telah berpartisipasi dalam Posko ini dengan semangat Solid Speed Smart, yang membuat Posko kita ini bahkan mendapat liputan dari banyak media elektronik dan cetak,” ungkap Ceppy 

Jaringan dan Pelayanan Normal

Sementara itu jaringan Telkomsel tidak mengalami gangguan berarti dan pelanggan tetap dapat melakukan komunikasi melalui telpon, SMS maupun data seperti biasa. Dalam musibah banjir ini tidak satupun site Telkomsel yang terendam banjir namun sebagian terkena dampak pemadaman listrik oleh PLN.  Untuk mengatasinya  Telkomsel mengerahkan 124 unit genset portable dan mobile untuk menyuplai BTS - BTS yang putus aliran listriknya. Selain itu Telkomsel telah menambah kapasitas baterai backup di semua lokasi rawan banjir. Di samping itu Telkomsel juga menggunakan perahu karet untuk menjangkau lokasi BTS sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan evakuasi dan makanan siap santap. 

Di titik-titik penting yang merupakan sentra infrastruktur telekomunikasi, Telkomsel menyiapkan 6 posko siaga banjir, yakni di Gedung TTC Buaran, Gedung TTC BSD, Gedung TTC TB Simatupang, Gedung Atrium Mulia, Serang dan Karawang. Di tiap posko akan disiapkan pendukung alat produksi seperti mobile genset, dan juga unit siaga bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity).
    
Adapun pelayanan pelanggan Telkomsel juga berlangsung seperti biasa.  Saat ini layanan Area Jabotabek Jabar didukung oleh 18 GraPARI dan 60 GraPARI Mitra, yang tersebar di Metro Jakarta 6 GraPARI dan 15 GraPARI Mitra, Outer Jakarta 7 GraPARI dan 16 GraPARI Mitra, serta Jawa Barat 5 GraPARI dan 29 GraPARI Mitra. Keseluruhan setra pelayanan tersebut melayani pelanggan sesuai dengan jam operasional seperti biasa.

“Atas nama Manajemen Telkomsel saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang di tengah-tengah musibah tetap dapat bekerjasama dan saling mendukung dalam mengupayakan layanan terbaik kepada pelanggan dan masyarakat. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri buat kita sebagai operator selular paling Indonesia yang berkarya tiada henti untuk negeri,” tutup Venus. 


0 comments:

Post a Comment