Wednesday, June 19, 2013

Pertama di Dunia – Layanan E-money Interoperability Gratis Biaya Kirim Uang Lintas Operator

Peluncuran E-Money Interopebality (P2P Transfer)  “Gratis Biaya Kirim Uang Lintas Operator”  
Ki-ka : Perwakilan Dinas Kominfo Jabar, Rudy Sudrajat Abdurahim VP XL Axiata Central Region, Nuruddin Al Fitroh VP Sales & Marketing Telkomsel Jabotabek Jabar Area, Erwin Tanjung Kepala Tim Pemberdayaan Sektoril dan UMKM Bank Indonesia, Hari Satya Baskoro dan Head Product Management Indosat, Kanton Kulaga pada saat peluncuran program “E-Money Interopebality (P2P Transfer)  Gratis Biaya Kirim Uang Lintas Operator” di Bandung, Rabu (19/6).



Bandung, 19 Juni 2013

Setelah sebelumnya tiga operator terbesar Tanah Air (Telkomsel, XL dan Indosat) berkolaborasi meluncurkan inovasi teranyar di era digital berupa Layanan E-money Interoperability (P2P Transfer) atau Layanan Pengiriman Uang Elektronik Lintas Operator, kerjasama ini berlanjut dengan peluncuran  program promo “Gratis Biaya Kirim Uang Lintas Operator” mulai tanggal 19 Juni 2013 serentak di 4 kota yaitu Bandung, Surabaya, Makasar dan Medan hingga 31 Agustus 2013.

Kerjasama yang merupakan tindak lanjut dari peluncuran  layanan kirim uang oleh ketiga operator tersebut pada tanggal 15 Mei 2013, disaksikan oleh Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Bambang Brodjonegoro. Selain sebagai bentuk dukungan kepada Bank Indonesia dalam rangka mengembangkan program less cash society, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan awareness dan jumlah user/trafik transaksi kirim uang lintas operator. Selanjutnya juga untuk mengembangkan dan memperluas jaringan layanan uang elektronik di Indonesia dengan meningkatkan percepatan layanan uang elektronik, menambah jalur distribusi, meningkatkan trafik SMS secara eksponensial, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketiga operator dalam mengembangkan layanan pengiriman uang elektronik.

Dengan adanya layanan pengiriman uang elektronik lintas operator, maka seluruh pelanggan tiga operator yang berjumlah sekitar 230 juta pelanggan, dapat melakukan transaksi pengiriman uang. Contohnya pelanggan TCASH (Telkomsel) dapat melakukan transaksi transfer ke pelanggan XL Tunai (XL) maupun ke pelanggan Dompetku (Indosat), begitupun sebaliknya.

Adapun manfaat yang bisa dinikmati oleh pengguna selular dengan layanan pengiriman uang elektronik lintas operator ini diantaranya, pelanggan dapat dengan mudah dan leluasa melakukan transaksi keuangan melalui ponsel dan secara tidak langsung juga akan meningkatkan “customer experience” dan loyalitas pelanggan, terutama di era digital sekarang ini.

Vice President Sales and Marketing Area Jabotabek Jabar Erwin Tanjung mengungkapkan“Adanya kolaborasi inovatif dari tiga operator besar ini, diharapkan akan semakin mempermudah pengguna selular di Indonesia, khususnya yang berada di wilayah Jabotabek dan Jawa Barat untuk memanfaatkan uang elektronik tersebut sebagai salah satu solusi digital payment di era digital lifestyle saat ini, sehingga semakin meningkatkan animo dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan uang elektronik. Dengan demikian, semakin terlihat bahwa penetrasi layanan selular dan kemajuan teknologi telekomunikasi, memungkinkan terciptanya layanan digital payment yang juga berperan dalam hal mendukung pertumbuhan ekonomi rakyat secara keseluruhan.

Membahas bersama Program  “Gratis Biaya Kirim Uang Lintas Operator”  
Ki-ka : VP XL Axiata Central Region, Nuruddin Al Fitroh  VP Sales & Marketing Telkomsel Jabotabek Jabar Area, Erwin Tanjung Perwakilan Dinas Kominfo Jabar, Rudy Sudrajat Abdurahim Kepala Tim Pemberdayaan Sektoril dan UMKM Bank Indonesia, Hari Satya Baskoro 
dan Head Product Management Indosat, Kanton Kulaga pada saat membahas program “Gratis Biaya Kirim Uang Lintas Operator” di Bandung, Rabu (19/6).

Sementara itu Nuruddin Al Fithrah , Vice President XL Axiata Central Region berujar, Pertumbuhan transaksi e-money terutama transaksi pengiriman uang sejak diluncurkannya cukup menggembirakan dan menunjukkan prospek yang positif di masa mendatang.Untuk memaksimalkan  layanan keuangan digital tersebut, XL berkolaborasi dengan dua operator terbesar di Indonesia , yakni Telkomsel dan Indosat. Hal ini semakin mengukuhkan komitmen XL untuk selalu memberikan persembahan terbaik.

Taufik Maulana Raharja, Head of Area West Java Indosat menambahkan, “Layanan pengiriman uang elektronik lintas operator ini merupakan dukungan Indosat sebagai bagian dari operator telekomunikasi di tanah air dalam  mendukung pemerintah memperluas program less cash society, sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia secara lebih luas. Diharapkan masyarakat di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya dapat memanfaatkan layanan ini serta meningkatkan fungsi perangkat selular mereka dengan lebih optimal, tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai alat pembayaran. Terlebih lagi dengan adanya program gratis biaya kirim uang antar operator, diharapkan semakin meningkatkan keinginan masyarakat untuk memanfaatkan serta menikmati kemudahan dari layanan ini.”

Layanan lintas operator ini akan dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan masing-masing operator dengan mengikuti berbagai ketentuan. Rincian mengenai teknis penggunaan dijelaskan dalam lampiran lembar fakta (factsheet) sebagai bagian dari press release ini.

=========================



Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)

Telkomsel adalah operator terbesar di Indonesia dengan lebih dari  57.000 BTS sampai dengan triwulan 1 2013, yang menjangkau seluruh wilayah populasi di Indonesia, termasuk daerah terpencil, pulau terluar, dan perbatasan negara . Kekuatan itu menjadikan Telkomsel  operator selular nomor 6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pelanggan. Dalam upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era barulayanan mobile broadband, Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE). Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam dan 410 pusat layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

 
 










Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Adita Irawati – Head of Corporate Communications Group Telkomsel
kartuHalo/email: 0811 999 1408/adita_irawati@telkomsel.co.id


Tentang XL

XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,549%) dan serta publik (33,451%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), HELLO (Cambodia), Idea (India), MTCE (Iran), Celcom (Malaysia), Multinet (Pakistan), M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka).












 













Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Turina Farouk - Vice President Corporate Communications XL   
Telp / Email  : 0817 010 8000 / TurinaF@XL.co.id

Tentang Indosat
Indosat adalah operator penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan telepon selular, telepon tetap, komunikasi data dan internet (MIDI). Di triwulan pertama tahun 2013, perusahaan memiliki 55,9 juta pelanggan selular melalui berbagai merek antara lain, IM3, Mentari dan Matrix. Indosat mengoperasikan layanan sambungan langsung internasional (SLI) melalui kode akses 001, 008 dan Flatcall 01016. Perusahaan juga menawarkan layanan solusi korporat yang didukung oleh jaringan telekomunikasi terintegrasi di seluruh Indonesia serta jasa layanan satelit melalui satelit PALAPA-C2 dan PALAPA-D. Indosat adalah anak perusahaan dari Grup Ooredoo (sebelumnya lebih dikenal dengan Qtel Group). Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT).
 












Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Public Relations Division - PT Indosat Tbk
Telp : 62-21-30442614
Fax  : 62-21-30003754
Website : www.indosat.com


Adapun cara pelanggan Telkomsel untuk menikmati fitur P2P Tranfer ini, diantaranya :
1.    Melakukan registrasi TCASH di *828#. Informasi Pin T-Cash pada saat registrasi.
2.    Untuk pelanggan Telkomsel PrePaid harus melakukan upgrade menjadi pelanggan Full Service di GraPARI terdekat. Sedangkan pelanggan KartuHALO otomatis menjadi pelanggan Full Service.
3.    Memiliki saldo TCASH.

Jadi, seluruh pelanggan Telkomsel dapat menikmati layanan P2P Transfer dengan syarat memiliki saldo TCASH, dan semua tipe serta merk handphone dapat digunakan untuk melakukan layanan ini. Selain itu, pelanggan juga dapat mengetahui status layanan TCASH nya dengan cara :
Ø  Ketik : STATUS kirim ke 2828

Panduan layanan transfer  P2P lintas operator (via sms)
Ø  Kirim sms ke 2828 ketik TRF (spasi) no tujuan (spasi) nominal (spasi) Pin T-Cash
Contoh : TRF 08112289000 200000 1234

Flowchart: Connector: 2Flowchart: Connector: 1

Dari : 2828
Pengiriman T-Cash ke    <nama penerima> <MSISDN> sebesar Rp XXX. Konfirmasi dg ketik CONF yy PIN

 

Ke : 2828
TRF (no tujuan) (nominal) (pin pelanggan)
Contoh
trf  08176655443 20000 876656

 
GALAXY  S II_WHITE_0.jpg GALAXY  S II_WHITE_0.jpg

Panduan layanan transfer  P2P lintas operator (via umb)
Ø  Dial *828#. Pilih no 4. Masukan No tujuan . Masukan Nominal uang untuk transfer. Masukan Pin
Contoh : *828#. 4. 0817235465.20000.123456

Flowchart: Connector: 6

Anda akan melakukan pengiriman kepada NAMA (Nomor) sejumlah Rp ??
1. YA
9.Menu Sebelumnya
0.Menu Utama
 
Flowchart: Connector: 5


Masukkan PIN:



Co : 123456

9.Menu Sebelumnya
0.Menu Utama

 
Flowchart: Connector: 4


Masukkan Nominal Uang untuk Transfer :

Co : 20000

9.Menu Sebelumnya
0.Menu Utama


 
Flowchart: Connector: 3

Masukan nomor tujuan :

Co : 0817235465

9. Menu
Sebelumnya
0.     Menu Utama



 
Flowchart: Connector: 1Flowchart: Connector: 2

1.   Aktivasi
2.   Cek/isi
3.   Saldo
4.   Token
5.   Kirim Uang
6.   Pembelian
7.   Pembayaran
8.   Layanan Informasi
9.   English Version




10.           
 





*828#

 
GALAXY  S II_WHITE_0.jpgGALAXY  S II_WHITE_0.jpgGALAXY  S II_WHITE_0.jpgGALAXY  S II_WHITE_0.jpgGALAXY  S II_WHITE_0.jpgGALAXY  S II_WHITE_0.jpg



Sedangkan syarat dan ketentuan pengiriman yaitu sebagai berikut :
Ø  Maksimal dan minimal pengiriman :
-        Maksimal Pengiriman per bulan             : Rp  20.000.000 per bulan
-     Maksimal Pengiriman per hari               : Rp 1.000.000 per hari
-        Maksimal pengiriman per 1 x kirim        : Rp 1.000.000 per 1 x kirim
-        Minimal pengiriman per 1 x kirim          : Rp 1.000 per 1 x kirim
Ø  Khusus untuk pengiriman dari pelanggan TCASH ke pelanggan XL Tunai dan Indosat Dompetku :
-        Maksimal pengiriman per 1 x kirim   : Rp 1.000.000 per hari   
-        Minimal pengiriman per 1 x kirim        : Rp 10.000 per 1 x kirim                                     

Jika pihak penerima belum terdaftar dalam layanan Uang Elektronik (TCASH, XL Tunai, Indosat Dompetku), maka saldo yang diterima akan diberi status SUSPEND ACCOUNT (Dana Ditahan). Selanjutnya penerima harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat menggunakan saldo Uang Elektronik yang diterima.

Untuk pelanggan Telkomsel Prepaid (simPATI dan Kartu As) dapat melakukan registrasi TCASH Basic Service terlebih dahulu melalui *828*1#, setelah itu, pelanggan dapat menggunakan saldo Uang Elektronik yang diterima untuk melakukan pembelian atau pembayaran, namun tidak dapat melakukan pencairan (Cash-Out), ataupun pengiriman uang (transfer).

Pelanggan kartuHALO dapat melakukan registrasi TCASH Full Service melalui *828*1#. Setelah melakukan registrasi, pelanggan dapat menggunakan uang yang diterima untuk menikmati seluruh layanan pelanggan Basic Service ditambah dengan layanan pencairan uang (Cash-Out) dan pengiriman uang (transfer). Pelanggan Prepaid dapat melakukan permohonan peningkatan layanan dari Basic Service ke Full Service di GraPARI terdekat dengan membawa kartu identitas (KTP/SIM).

XL Tunai adalah produk uang elektronik XL yang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan XL pra-bayar dan pasca bayar,  dengan layanan-layanan sebagai berikut :
1.    Pengiriman Uang                    :
·         Layanan pengiriman uang dalam negeri, bekerja sama dengan Telkomsel T-Cash  dan Indosat Dompetku
·         Layanan pengiriman uang dari luar negeri, bekerja sama dengan Western Union dan Celcom
2.    Pembayaran Tagihan              :
·         Layanan pembayaran tagihan listrik pra bayar dan pasca bayar
·         Layanan pembelian tiket pesawat Garuda, Lion Air, dan tiket kereta api
·         Layanan pembelian pulsa
3.    Pembelian di Toko                  :
·         Layanan pembayaran di toko menggunakan telepon genggam
·         Mitra : Alfamart, Glosis, 347, Cosmic, dan lain sebagainya
4.    Pembelian Online                   :
·         Layanan pembayaran di toko online menggunakan telepon genggam
·         Mitra : Blibli.com, Disdus.com, Alfaonline, dan lain sebagainya

Adapun cara pelanggan XL untuk dapat menikmati layanan pengiriman uang elektronik antar XL Tunai, Telkomsel T-Cash,  dan Indosat Dompetku adalah sebagai berikut :
1.    Melakukan registrasi gratis XLTunai melalui gerai XL Center atau agen XL Tunai terdekat dengan membawa kartu pengenal (KTP/SIM/Kartu identitas lainnya).
2.    Memiliki saldo XLTunai / melakukan pengisian saldo XL Tunai melalui XL Center, agen XL Tunai, mitra (Alfamart), dan ATM terdekat.
3.    Melakukan langkah2 sebagai berikut :
1.    Mengakses *123*120#
2.    Masuk menu kirim uang
3.    Pilih kirim ke operator lain.
4.    Pilih operator Telkomsel T-Cash atau Indosat Dompetku
5.    Masukkan Nomor HP yang dituju
6.   Masukkan Jumlah yang akan dikirimkan
7.    Masukkan PIN
8.    Konfirmasi dengan memasukkan Random Code
4.    Tunggu konfirmasi berupa notifikasi SMS

Syarat-syarat sebagai pengirim uang elektronik :
1.   Pengirim harus pelanggan yang memiliki akun XL Tunai terdaftar (registered).
2.   Batas maksimum transaksi   adalah sebanyak 5 kali transaksi dalam satu hari (ke semua operator)
3.   Batas nilai transaksi   adalah minimum Rp. 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah) dan maksimum Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)
4.   Pengguna tidak dapat melakukan kegiatan pengiriman bila akumulasi transaksi P2P Antar Operator (pengiriman) telah mencapai 5 kali.

5.   Pengguna tidak dapat melakukan kegiatan pengiriman bila akumulasi   Rp 20 juta dalam 1 bulan 


Syarat-syarat sebagai penerima pengiriman uang elektronik :
1.    Penerima adalah semua pelanggan XL, baik yg memiliki akun XL Tunai atau belum memiliki.
2.    Pengiriman uang akan menambah saldo XL Tunai penerima.
3.    Penerima wajib memiliki akun terdaftar atau  melakukan registrasi XL Tunai melalui gerai atau agen terdekat untuk menikmati layanan pencairan uang.
4.    Pengguna tidak dapat menerima pengiriman melebihi batas maksimum saldo Rp 1 juta untuk pelanggan biasa, dan Rp 5 juta untuk pelanggan terdaftar.

Jumlah Merchant Fisik ( PoS)                : 8000+
Jumlah Merchant Online                         : 20
Jumlah Pelanggan XL Tunai                    : 330.000+
Jumlah Agen Cash In & Cash Out          : 14.000+

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan XL Tunai, silakan kunjungi www.xl.co.id/xltunai

Kini transaksi keuangan melalui Dompetku semakin lengkap dengan hadirnya P2P transfer lintas operator lain, yaitu TCASH (Telkomsel) dan XL Tunai (XL). Untuk menikmati layanan P2P Transfer ini, pelanggan Dompetku WAJIB :

·         Melakukan registrasi Dompetku :
-       Jika Anda menjadi pengirim saldo transfer P2P, Anda dapat melakukan registrasi melalui GALERI INDOSAT.
-       Jika Anda menjadi penerima  saldo transfer P2P, Anda dapat melakukan registrasi melalui *789#.
·         Untuk pelanggan INDOSAT yang sebelumnya sudah pernah ter-registrasi menjadi pelanggan Dompetku melalui SMS atau UMB *789# harus melakukan upgrade menjadi pelanggan Full Service dan melakukan KYC dengan membawa identitas diri di GALERI INDOSAT terdekat.
·         Memiliki saldo Dompetku

Pada dasarnya, seluruh pelanggan INDOSAT dapat menikmati layanan P2P Transfer dengan syarat memiliki saldo Dompetku, dan semua tipe serta merk handphone dapat digunakan untuk melakukan layanan ini.

Batas saldo pengiriman khusus untuk pengiriman dari pelanggan Dompetku ke pelanggan TCASH dan XL Tunai yaitu :
-      Minimal pengiriman per 1 x kirim                   : Rp 10.000 per 1 x kirim
-      Maksimal pengiriman per 1 x kirim       : Rp 5.000.000 per 1 x kirim         

Mekanisme transfer saldo P2P transfer dari pelanggan Dompetku ke pelanggan TCASH ataupun XL Tunai sebagai berikut :
·                                                         Ketik SMS : P2P<spasi>Nomor Tujuan Operator lain<spasi>Nominal, kirim ke 789
Contoh      : P2P  0813456789 100000
·                                 Pengirim akan mendapatkan SMS konfirmasi dari 789 perihal pengiriman saldo P2P
·         Penerima dalam hal ini TCASH, juga akan mendapatkan notifikasi SMS sesuai bunyi SMS dari masing-masing operator tersebut

Untuk pelanggan INDOSAT yang telah melakukan registrasi Dompetku melalui SMS ataupun *789#, dapat melakukan transaksi Dompetku lainnya, seperti isi ulang pulsa seluruh operator, bayar tagihan PLN dan beli token PLN Prepaid, bayar tagihan telkom/speedy/telkomvision, transfer saldo antar pengguna Dompetku, belanja online melalui i-surf dan Toko On, dan yang terkini dapat menerima saldo transfer P2P dari operator lain tetapi tidak dapat melakukan pengiriman saldo transfer P2P ke operator lain sebelum melakukan registrasi KYC melalui Galeri INDOSAT, dan tidak dapat melakukan pencairan uang (cash out).

Pelanggan INDOSAT yang telah ter-registrasi Dompetku melalui SMS taupun *789# ini, dapat melakukan transaksi Dompetku secara keseluruhan dengan meng upgrade menjadi layanan dompetku full service ke GALERI INDOSAT dengan membawa Identitas Diri.

Sedangkan untuk pelanggan INDOSAT yang telah melakukan registrasi dompetku melalui GALERI INDOSAT, secara otomatis dapat menikmati layanan dompetku full service ditambah layanan pengiriman uang (remittance).

0 comments:

Post a Comment