Wednesday, March 2, 2011

Lomba Aplikasi Android T-Market Dari dan Untuk Anak Bangsa 2011


Bandung, 1 Maret 2011
Di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta kebutuhan akses melalui internet yang cepat, saat ini salah satu yang paling marak dan gencar dikembangkan adalah aplikasi berbasis Android.

Android merupakan suatu sistem operasi untuk perangkat bergerak yang sedang trend dan diminati kalangan pengguna internet dengan berbagai  aplikasi dan fitur-fitur  yang semakin menarik.

Pasar pengguna smartphone berbasis Android di Indonesia meningkat secara signifikan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Pada tahun 2010, Android menempati posisi ketiga sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan dengan tingkat pertumbuhan pengguna lebih dari 200 kali lipat dibandingkan tahun 2009.
Telkomsel bekerjasama dengan Telesindo Group menggelar acara talk show dengan tema Pengembangan Aplikasi  Android  Di Indonesia dan Sosialisasi Lomba Aplikasi Android T-Market Dari dan Untuk Anak Bangsa 2011. Dilakukan roadshow  4 (empat) kota yaitu di Universitas Bina Nusantara (Binus) Palmerah Jakarta tanggal 23 Februari,  Institut Teknologi Surabaya (ITS) Surabaya tanggal 24 Februari, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta  tanggal  25 Februari  dan Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung 1 Maret 2011.
Bertempat di Fakultas Seni Rupa dan Design ITB yang dihadiri oleh 300 (tiga ratus) peserta terdiri dari Komunitas Id-Android, mahasiswa kampus ITB, dan member Telkomsel Mobile Campus.
          
Manager Branch Telkomsel Bandung Estining Putut mengatakan,” Selama ini aplikasi-aplikasi yang berbasis Android ini dipenuhi dengan karya-karya dari luar negeri yang notabene dari segi isi, penggunaan dan fungsi masih tidak bisa terkontrol terlalu universal dan beberapa tidak sesuai dengan budaya dan etika kultur di Indonesia. Terkait dengan hal itu, Telkomsel bekerjasama dengan Telesindo Group berinisiatif untuk mendorong dan membangkitkan semangat karya anak bangsa dalam mengembangkan aplikasi Android.”   

Menkominfo bidang teknologi yang diwakili oleh Prof Dr. Kalamullah R.Eng pada sambutannya mengatakan,” Pemerintah mendukung penuh kegiatan lomba kreatif aplikasi konten seperti yang dilakukan oleh Telesindo dan Telkomsel untuk aplikasi Android ini, hal ini akan membantu pemberdayaan masyarkat informatika sekaligus menumbuhkan entrepreneur baru dibidang konten Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Lebih jauh lagi forum ini juga akan membantu operator dan industri TIK mengadopsi konten konten lokal yang sesuai dengan karakter dan etika bangsa,”

Adapun detail dari Lomba Aplikasi Android T-Market Dari dan Untuk Anak Bangsa 2011 adalah sebagai berikut :
1.    Lomba dimulai tanggal 22 Februari 2011
2.    Batas akhir lomba (batas pendaftaran dan upload aplikasi) tanggal 20 Mei 2011
3.    Lomba berlaku untuk umum, tidak dipungut biaya apapun
4.    Peserta boleh mengirimkan aplikasi sebanyak-banyaknya
5.    Aplikasi tidak boleh mengandung SARA, pornografi dan program berbahaya (malware, spyware dan worm)
6.    Setiap aplikasi yang masuk diberikan kesempatan dipasarkan di T-Market
7.    Aplikasi yang disertakan belum pernah memenangkan penghargaan di lomba sejenis
8.    Pemenang akan diumumkan di media massa nasional pada awal Juni 2011
Kriteria Penilaian Aplikasi
1. Manfaat aplikasi
2. Tampilan antar muka (User Interface)
3. Originalitas
4. Kemudahan penggunaan
Pendaftaran
- Untuk pendaftaran dan upload klik ke : www.tiscompetition.com
- Mengisi form registrasi
- Upload foto hasil scan KTP

Selain Lomba Aplikasi Android T-Market Dari dan Untuk Anak Bangsa 2011, agar informasi dan wawasan tentang aplikasi Android lebih dikenal oleh masyarakat maka diadakan juga Lomba Writing Competition 2011 dengan ketentuan sebagai berikut :
1.    Tema : T-Market dan Ti-Phone Android.
2.    Terbuka untuk semua wartawan media cetak dan online, yang dibuktikan dengan kartu identitas wartawan. (nama dan identitas , kartu pers dan KTP dilampirkan ketika mengirim naskah).
3.    Naskah yang dilombakan mulai di terbitkan pada tanggal 25 Februari 2011
4.    Penerimaan naskah artikel paling lambat Pada tanggal 25 Mei 2011
5.    Peserta bisa mengirimkan lebih dari satu naskah.
6.    Artikel yang dikirim sudah diterbitkan di masing-masing media.
7.    Pengiriman naskah artikel bisa dilakukan melalui email, dengan alamat: brideacomm@gmail.com. Dengan melampirkan bukti pemuatan. Atau bisa juga dikirim ke alamat : Panitia lomba Penulisan Artikel TIS Bridea comm, Jalan Riau No 17 Menteng, Jakarta Pusat 10350.
8.    Untuk pengiriman melalui Pos/Kurir harap dilampirkan media masing-masing yang memuat naskah tersebut.

Dalam memberikan kenyamanan bagi pelanggan yang menikmati berbagai aplikasi Android, Telkomsel telah menggelar jaringan broadband terluas dan berkualitas. Dukungan lebih dari 37.000 Base Transceiver Station (BTS) termasuk 8.000 Node B (BTS 3G) di seluruh Indonesia siap untuk memaksimalkan pengalaman mobile lifestyle masyarakat Indonesia.

0 comments:

Post a Comment