Friday, March 11, 2011

Telkomsel Hadirkan Layanan Profiling Pelanggan

Bandung, 9 Maret 2011

Dalam upaya mengenal karakteristik pelanggan secara lebih tersegmen demi peningkatan layanan Mobile Advertising, Telkomsel menghadirkan Program Profiling (survey pelanggan) yang berlangsung selama Januari-Maret 2011. Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan yang telah berpartisipasi dalam program tersebut, Telkomsel menyediakan total hadiah 12 unit Honda Jazz S Type, 90 Honda Scoopy, dan 900 voucher isi ulang pulsa senilai Rp 50.000.

Melalui Program Profiling (survey pelanggan), Telkomsel telah melakukan pemetaan pelanggan berdasarkan data usia, jenis kelamin, status pernikahan, pekerjaan, lifestyle, dan hobi pelanggan. Data pelanggan tersebut akan digunakan untuk meningkatkan kualitas fitur dan layanan Mobile Advertising Telkomsel, serta pemberian info promo yang sesuai dengan minat pelanggan.

VP Mobile Advertising Management Telkomsel Nyoto Priyono mengatakan, “Dengan mengikuti Program Profiling, pelanggan Telkomsel akan merasakan kenyamanan karena mereka mendapat informasi yang spesifik sesuai dengan preferensi dan kebutuhannya, baik berupa info diskon maupun promo produk lainnya. Pelanggan juga mendapatkan informasi download beragam aplikasi konten gratis, seperti Mobile Comic, PetLovers, SMS 2.0, dan ragam konten Value Added Service Telkomsel yang lain.”

Melalui Program Profiling, secara teknis Telkomsel melakukan broadcast SMS kepada sejumlah pelanggan yang dipilih melalui metode sampling. Untuk mengikuti layanan ini, pelanggan Telkomsel dapat mengakses *997*1# langsung dari ponsel, atau cukup mengetik SMS: JOIN TANGGAL LAHIR JENIS KELAMIN (L/P) ke 2022. Contoh: JOIN 18051988 L. Pelanggan akan dikenakan biaya Rp 1.000 untuk pengguna kartuHALO, serta Rp 1.100 untuk pengguna simPATI dan Kartu As.

Peserta Program Profiling akan mendapatkan hadiah berdasarkan undian yang dilakukan setiap akhir bulan (Januari 2011, Februari 2011, dan Maret 2011) secara transparan di hadapan notaris, departemen sosial, dan pejabat pemerintah kota Jakarta. Seluruh daftar pemenang diumumkan di website www.telkomsel.com, dalam hal ini pemenang tidak dikenakan biaya apapun dan seluruh pajak ditanggung Telkomsel. Pelanggan Telkomsel masih berkesempatan untuk mengikuti Program Profiling periode akhir hingga 25 Maret 2011.

Seputar Mobile Advertising Telkomsel

Di awal tahun 2010, Telkomsel telah meluncurkan Mobile Advertising, yakni layanan pengiriman pesan komersial dalam bentuk iklan kepada pelanggan Telkomsel melalui SMS, MMS, NSP, outbond call, cell broadcast, dan sebagainya. Dengan kehadiran Mobile Advertising, Telkomsel memfasilitasi seluruh industri dengan menyediakan solusi baru untuk beriklan secara masif dan tepat sasaran.

Layanan Mobile Advertising menawarkan berbagai macam konten informasi dan penawaran yang disesuaikan dengan profil pelanggan Telkomsel. Untuk menyampaikan beragam konten tersebut, Telkomsel bekerjasama dengan sekitar 50 media seller yang membantu memberikan solusi periklanan kepada perusahaan, merchant, atau brand management yang ingin beriklan.

Untuk menggunakan layanan Mobile Advertising, pihak pengiklan dapat bekerjasama dengan media seller yang menjadi mitra Telkomsel untuk menyusun materi iklan. Sementara itu, Telkomsel menyediakan jasa untuk menyampaikan materi iklan tersebut kepada calon pelanggan.

Telkomsel menyediakan ragam layanan Mobile Advertising yang hadir dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun video, antara lain: SMS 2.0 (layanan SMS generasi terbaru yang memberikan nilai tambah dalam format tampilan SMS, seperti: background berwarna, teks berwarna, emoticon, informasi, dan konten gratis), Mobile Media (layanan konten media dengan kemampuan multi-format flexibility sehingga dapat mengakomodasi berbagai format Mobile Media yang dilengkapi dengan manajemen penjualan mobile advertising, manajemen konten media, manajemen pembaca, dan manajemen pengiklan), Mobile Newspaper (layanan yang menyajikan informasi dari berbagai surat kabar harian dan tabloid ke dalam format MMS), Ad@hand (layanan aplikasi yang di-download, di mana pelanggan dapat menikmati konten iklan berupa video atau gambar disertai musik atau multimedia sebagai Ring Tone pada saat panggilan masuk), dan MKupon (layanan yang memberikan fleksibilitas bagi pengiklan dan merchant untuk mempromosikan produk-produknya melalui kupon elektronik berupa image dalam layanan MMS).

Untuk menambah ragam dan kemanfaatan layanan Mobile Advertising, Telkomsel juga menghadirkan LBA (Location Based Advertising), yakni layanan dengan sistem broadcasting advertising yang memungkinkan pengiklan menyasar secara tepat target pasarnya berdasarkan lokasi dengan memanfaatkan SMS dan MMS sebagai media penyampaian pesan. Informasi iklan atau promosi yang dikirimkan sudah tersegmentasi sesuai profile subscriber, sehingga informasi yang sampai ke pelanggan dapat berguna dan bukan berupa spamming info.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan, berbagai layanan Mobile Advertising tersebut dikirimkan hanya kepada pelanggan yang telah menyatakan kesediaannya untuk menerima pesan. Pelanggan cukup melakukan registrasi melalui Telkomsel maupun pengiklan bersangkutan. Di samping itu, Telkomsel juga menjamin kerahasiaan data pelanggan dan membatasi jumlah pesan yang diterima pelanggan di ponselnya.

Membahas lebih lanjut mengenai Mobile Advertising Telkomsel, Nyoto menambahkan, “Saat ini Telkomsel telah mengeksekusi jutaan iklan yang melibatkan lebih dari 4.000 merk ternama dari berbagai kategori produk, seperti: perbankan, makanan dan minuman, consumer goods, otomotif, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan potensi pasar yang masih terbuka luas, Telkomsel bertekad untuk menjadi prominent player di industri Mobile Advertising.”

2 comments:

Anonymous said...

semoga telkomsel berjuaya selamanya.........

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment