Tuesday, December 4, 2012

Telkomsel Sukses Antisipasi Lonjakan Trafik Komunikasi Lebaran


Jakarta, 21 Agustus 2012

Telkomsel telah sukses mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggannya pada hari puncak libur Lebaran, Minggu, 19 Agustus 2012.

Dari pemantauan, terjadi kenaikan trafik layanan data atau broadband hingga lebih dari 55 persen atau mencapai 157 terabyte dan layanan BlackBerry melonjak signifikan hingga 226 persen dibanding Idul Fitri tahun lalu atau mencapai lebih dari 7,5 Gbps. Lonjakan tinggi juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih dari 169 persen dengan jumlah MMS yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS, sementara layanan SMS dan voice juga meningkat mencapai lebih dari 1,12 milyar SMS terkirim (kenaikan sebesar 25 pesen dibanding hari normal) dan 1,28 milyar menit suara terhubung (kenaikan 24 persen dibanding Lebaran sebelumnya). Kualitas seluruh layanan baik voice, SMS, MMS hingga data tercatat menunjukan performansi yang sangat baik.

POH Head of Corporate Communications Telkomsel, Ricardo Indra mengatakan, "Kondisi jaringan Telkomsel pada saat puncak lonjakan trafik komunikasi atau hari H Idul Fitri terpantau optimal melayani kebutuhan pelanggan."

Sementara itu hingga H+1 Idul Fitri konsentrasi peningkatan trafik komunikasi Telkomsel khususnya trafik layanan voice atau suara terjadi di wilayah Sumatera Barat (Padang, Pariaman, Bukit Tinggi) dengan lonjakan trafik hingga 72 persen dari hari normal. Untuk trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan lonjakan trafik hingga lebih dari 154 persen dari hari normal. Sedangkan wilayah Jawa Tengah tercatat sebagai wilayah dengan penggunaan layanan data tertinggi hingga 152 persen khususnya di kota Tegal dan daerah sekitarnya meliputi Pemalang, Brebes, Kebumen, hingga Cilacap.

Tingkat kesuksesan layanan Telkomsel pada Lebaran 2012 sangatmemuaskan dengan kesuksesan pengiriman SMS (Global Delivery Rate) mencapai 99,82 persen, kesuksesan panggilan suara (Call Success Rate) 97,62 persen, kesuksesan penyelesaian panggilan suara (Call Completion Rate) 98,57 persen, kesuksesan layanan data (Data Success Rate) 99,88 persen, serta kesuksesan layanan Isi Ulang Pulsa (Recharge Success Rate) mencapai 99,76 persen.

"Baik hari biasa maupun musim mudik Lebaran, Telkomsel selama 24 jam penuh melakukan pemantauan trafik dan antisipasi ketat kinerja perangkat serta menyiapkan secara seksama penambahan kapasitas jaringan di seluruh wilayah Indonesia," ujar Ricardo Indra.

Telkomsel juga memastikan bahwa infrastruktur di seluruh Indonesia terjaga dengan baik dan berada dalam kondisi optimum untuk melayani masyarakat sepanjang musim mudik hingga arus balik Lebaran. Telkomsel telah melakukan pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat dan pemantauan trafik dari bagian barat hingga wilayah timur Indonesia melalui Supervisory and Monitoring Network Perfomance (SUPERMAN), serta mengerahkan 10 unit Compact Mobile Base Transceiver (COMBAT) Telkomsel untuk menambah kemampuan penanganan trafik komunikasi.

0 comments:

Post a Comment