Monday, March 11, 2013

Telkomsel - GSMA Gelar Konferensi “Green Power For Mobile”


Bali, 13 Desember 2012

Global System for Mobile Communications Association (GSMA) bersama Telkomsel menyelenggarakan konferensi internasional yang bertajuk “Green Power For Mobile”. Konferensi dilaksanakan di Bali selama dua hari (13-14 Desember 2012) dan dihadiri oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), seluruh anggota GSMA di Indonesia serta pelaku industri energi terbarukan di dunia.

Abdus Somad Arief, Direktur Network Telkomsel mengungkapkan, “Telkomsel menyadari pentingnya operasional bisnis yang mendukung pelestarian lingkungan. Konferensi yang diselenggarakan oleh GSMA yang didukung oleh Telkomsel, merupakan komitmen untuk lebih meningkatkan pengembangan teknologi dalam penyediaan energi yang ramah lingkungan pada infrastruktur telekomunikasi.”

Melalui karya anak negeri, inovasi teknologi ramah lingkungan atau green technology, konsisten dilakukan oleh Telkomsel. Hingga kini, lebih dari 4.400base transceiver station (BTS)  ramah lingkungan, tersebar di seluruh wilayah Indonesia. BTS tenaga air (micro hydro), tenaga surya (solar cell), tenaga hidrogen (fuel cell), hingga konsep BTS tanpa menara (liquid BTS/towerless). Semua inovasi ini lahir dengan memperhatikan potensi dan disesuaikan dengan kondisi geografis wilayah Indonesia yang sangat beragam.

Teknologi ramah lingkungan memang menjadi pilihan utama pada beberapa tahun terakhir ini, karena kesadaran masyarakat dunia terhadap pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan.  Hal inilah yang mendasari Telkomsel untuk konsisten mengupayakan penggunaan sumber daya energi alternatif sebagai salah satu upaya untuk menjamin ketersediaan power supply yang dibutuhkan dalam mengoperasikan BTS.

GSMA adalah asosiasi operator GSM dan perusahaan pendukung bisnis telekomunikasi yang memiliki tujuan untuk mengembangkan, membuat standarisasi dan meningkatkan penerapan sistem telepon bergerak yang berbasis pada teknologi GSM. Saat ini GSMA telah memiliki lebih dari 800 anggota yang berada di 220 negara.

Telkomsel adalah salah satu anggota penuh GSMA sejak tahun 1997 dan kali ini menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan konferensi GSMA tentang energi terbarukan pertama kali di Indonesia. Konferensi bertaraf internasional ini diselenggarakan dengan tema Green Power For Mobile.

Telkomsel terus-menerus melakukan riset serta pengembangan penggunaan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan sebagai upaya menjaga kinerja pelayanan dan kinerja perusahaan ke depan. Bahkan Telkomsel merupakan operator yang memiliki jumlah BTS Green terbanyak di Asia. Kepeloporan Telkomsel dalam green technology ini mendapat penghargaan “Indonesia Green Awards 2011” yang diserahkan oleh Menteri Kehutanan tahun lalu.
Telkomsel menyadari bahwa kesinambungan bisnis selayaknya selaras dengan kelestarian alam. Komitmen Telkomsel untuk berkarya membangun negeri dan membangun masyarakat Indonesia diwujudkan secara terus menerus dalam berbagai bidang termasuk inovasi green technology. Karena Telkomsel adalah milik Indonesia dan merupakan hasil karya terbaik putra-putri bangsa Indonesia. Telkomsel Paling Indonesia.


Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)
Telkomsel menggelar 55.000 BTS yang menjangkau sekitar 97% wilayah populasi di Indonesia. Sebagai operator selular nomor 7 terbesar di dunia. Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang kini dipercaya melayani lebih dari 125 juta pelanggan. Dalam upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel telah mengembangkan jaringan broadband di 200 kota besar di Indonesia. Untuk membantu pelayanan kebutuhan pelanggan, Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam dan 430 pusat layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.


Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Winni Vitriani – Head of Corporate Communications Area Jabotabek Jabar
kartuHALO/email : 0811100370 / winni_vitriani@telkomsel.co.id

0 comments:

Post a Comment