Monday, March 11, 2013

Telkomsel Tambah 30 Persen Kapasitas Jaringan Antisipasi Lonjakan Trafik Akhir Tahun di Bali Nusra


Jakarta18 Desember 2012

Telkomsel siap mengantisipasi lonjakan trafik jaringan pada musim liburan Natal dan Tahun Baru 2013 dengan terus melakukan optimalisasi jaringan serta secara terjadwal meremajakan perangkat network di seluruh Indonesia. Termasuk di wilayah regional Bali Nusa Tenggara (Bali Nusra), Telkomsel juga konsisten menjaga kualitas jaringan agar para pelanggan eksisting maupun pelanggan yang sedang berlibur di kawasan wisata dapat tetap nyaman dalam melakukan komunikasi suara, SMS, maupun data dalam kondisi paling over peak sekalipun.

Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief yang sedang meninjau kesiapan jaringan di Denpasar mengatakan, "Telkomsel secara rutin menyiapkan seluruh elemen serta menambah kapasitas jaringan agar dapat memadai dalam memberikan kenyamanan komunikasi bagi pelanggan baik di hari biasa maupun dalam momentum libur hari besar nasional. Khusus menjelang Natal 2012 dan Tahun Baru 2013, Telkomsel juga melakukan siaga jaringan secara maksimal agar masyarakat di wilayah Bali dan Nusa Tenggara serta para wisatawan yang datang berlibur di daerah ini tetap nyaman memanfaatkan layanan komunikasi dari Telkomsel.”

Telkomsel secara terjadwal melakukan uji jaringan di beberapa area yang diprediksi menjadi pusat keramaian masa liburan Natal dan Tahun Baru di Bali Nusra, seperti tempat wisata, bandara, terminal, pelabuhan penyeberangan, dan pusat perbelanjaan hingga jalur transportasi. Uji jaringan yang dilakukan kali ini lebih fokus ke penggunaan layanan data, baik dalam kondisi sedang mobile maupun dalam keadaan steady atau tidak bergerak. Hal ini untuk memastikan kenyamanan penggunaan layanan data yang telah menjadi kebutuhan dan tren masyarakat di eramobile lifestyle. Diperkirakan di jaringan Telkomsel akan terjadi peningkatan trafik komunikasi SMS sebesar 30 persen, suara naik hingga 25 persen, dan layanan data diprediksi akan melonjak hingga 40 persen dibandingkan hari normal.

Di Bali, peningkatan kapasitas jaringan hingga lebih dari 30 persen difokuskan di daerah padat kunjungan wisatawan seperti Kuta, Legian, Jimbaran, Nusa Dua, Ubud, Tanjung Benoa, Renon, Bandara Ngurah Rai, hingga jalur Pelabuhan Gilimanuk – Padang Bai. Sedangkan untuk Nusa Tenggara Barat peningkatan dilakukan disekitar Bandara Internasional Lombok, Pantai Kuta Lombok, Senggigi, Lombok Timur, dan seluruh alun-alun di semua kota dan kabupaten tempat pusat digelarnya berbagai aktivitas menyambut tahun baru.

Khusus Nusa Tenggara Timur, fokus peningkatan kapasitas jaringan dilakukan di Kota Kupang dan sekitarnya dengan dipantau langsung oleh Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga beserta Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid pada akhir pekan lalu. Selain melakukan pemantauan kualitas jaringan di lapangan, Direktur Utama Telkomsel juga serius memperhatikan ketersediaan produk Telkomsel di pasar serta memastikan kesiapan pelayanan kepada pelanggan khususnya pada saat musim liburan.

Menjelang akhir tahun ini Telkomsel telah memiliki lebih dari 54.000 BTS di seluruh Indonesia termasuk di antaranya 15.000 unit BTS 3G di mana sekitar 10 persennya berada di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi mobile data, tahun depan Telkomsel berupaya membangun lebih dari 800 BTS baru di Bali Nusra di mana 70 persennya adalah BTS 3G.

Pada periode Natal dan Tahun baru sebelumnya Telkomsel juga sukses mengantisipasi peningkatan trafik layanan komunikasi yang terjadi di Bali Nusra. Telkomsel melayani 3,898 Tera Byte trafik layanan data menjelang Natal 2011. Angka ini lebih tinggi sekitar 45 persen dibandingkan trafik layanan data yang setiap harinya rata-rata mencapai 3,763 Tera Byte. Pada tanggal 25 Desember 2011, trafik layanan suara mencapai sekitar 867.000 erlang atau meningkat sekitar 25 persen dibandingkan trafik hari normal sekitar 749.000 erlang. Lonjakan tajam terjadi pada trafik SMS, di mana tercatat lebih dari 13 juta SMS dilayani atau melonjak 160 persen dibandingkan trafik hari normal yang hanya 5 juta SMS perhari.

0 comments:

Post a Comment